Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Consumer Non-Cyclicals Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2019-2022

Authors

  • Celvin Universitas Buddhi Dharma
  • Syarifarudin Afa Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Profitabilitas, Leverage, Pertumbuhan Penjualan, Nilai Perusahaan

Abstract

Tujuan penelitian yang dilaksanakan saat ini adalah mempelajari bagaimana Profitabilitas,Leverage, serta Pertumbuhan Penjualan berdampak pada Nilai Perusahaan di Sektor Consumer Non-Cyclical yang tercantum di Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam rentang waktu 2019-2022. Populasi yang didapatkan penelitian adalah mencakup seluruh perusahaan yang terdaftar di sektor ini pada periode 2019-2022 sebanyak 122 perusahaan serta 22 perusahaan sebagai sampel.

 

Hasil penelitian mengindikasikan analisa pada data memakai berbagai teknik statistik serta bantuan perangkat lunak SPSS versi 25. Berikut adalah temuan utama penelitian:

  1. Profitabilitas berdampak dengan positif pada nilai perusahaan. Nilai signifikansi yang diperoleh adalah (0,000), dimana nilai itu berada dibawah pada ambang standar signifikansi yang ditetapkan 0,05. Selain itu, nilai thitung (14,004) juga berada diatas nilai ttabel (1,98861).
  2. Leverage berdampak dengan positif pada nilai perusahaan. Nilai signifikansi yang diperoleh adalah (0,000), dimana nilai itu berada dibawah pada ambang standar signifikansi yang ditetapkan 0,05. Selain itu, nilai thitung (7,926) juga berada diatas nilai ttabel (1,98861).
  3. Pertumbuhan Penjualan berdampak dengan negatif pada nilai perusahaan. Nilai signifikansi yang diperoleh adalah (0,000), dimana nilai itu berada dibawah pada ambang standar signifikansi yang ditetapkan 0,05. Selain itu, nilai thitung (-2,021) jugaberada dibawah dari ttabel (-1,98861).

4. Kesimpulan dari pengujian hipotesis keempat menunjukkan bahwa Profitabilitas, Leverage, dan Pertumbuhan Penjualan mempengaruhi nilai perusahaan secara keseluruhan. Nilai signifikansi yang diperoleh adalah (0,000), dimana nilai itu berada dibawah pada ambang standar signifikansi yang ditetapkan 0,05. Selain itu, nilai Fhitung (89,238) juga lebih besar dari Ftabel (2,713227).

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-04-29