PENGARUH FEE AUDIT, AUDIT TENURE, DAN UKURAN PERUSAHAAN PADA KUALITAS AUDIT DENGAN KOMITE AUDIT SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Pada Perusahaan Properti Dan Real Estate Yang Terdaftar BEI Periode 2019 – 2021)

Authors

  • Vivi Suryanti Halim Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Fee Audit, Audit Tenure, Ukuran Perusahaan, Kualitas Audit, Komite Audit

Abstract

Riset ini dilaksanakan sebagai respons pada krusialnya evaluasi pada kualitas laporan keuangan yang berpotensi memengaruhi kinerja perusahaan, baik secara internal bagi manajemen dan pemegang saham, maupun secara eksternal bagi calon investor. Metode analisis yang digunakan melibatkan penggunaan software SmartPLS versi 4.0 dengan pengujian pada Inner Model, Uji T-statistic Uji Formatif, dan uji specific indirect effects.

Dari hasil riset, terlihat adanya korelasi antar kualitas audit dengan ukuran perusahaan. Namun, fee audit dan masa kerja auditor tidak menginterpretasikan implikasi yang signifikan pada kualitas audit. Sementara itu, komite audit berperan dalam memperkuat korelasi antar ukuran perusahaan dan kualitas audit. Di sisi lain, ukuran perusahaan memengaruhi kualitas audit secara langsung. Namun, hasil riset menginterpretasikan  keterlibatan komite audit tidak berimplikasi pada korelasi antar fee audit, masa kerja auditor, dan kualitas audit.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-29