Pengaruh Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan dan Sales Growth Terhadap Tax Avoidance (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2022)

Authors

  • Erna Rinata Universitas Buddhi Dharma
  • Irwan Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Sales Growth, Tax Avoidance

Abstract

Tax Avoidance berarti mengurangi beban pajak, dengan tujuan memperkecil jumlah yang harus dibayarkan oleh wajib pajak, penghindaran pajak ini dilakukan secara legal sesuai peraturan perundangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh umur perusahaan, ukuran perusahaan, dan sales growth terhadap tax avoidance di perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan perusahaan selama periode 2018 hingga 2022.

Populasil dalam penelitianl ini berjumlahl 84 perusahaan denganl sampel yangl dipilih sebanyakl 16 perusahaan. Sampell ini diambill menggunakan Metodel Purposive lSampling berdasarkan sampell yang memenuhil kriteria sebanyakl 80 selama 5 tahunl pengamatan. Data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda untuk menguji pengaruh variabel umur perusahaan, ukuran perusahaan dan sales growth terhadap tax avoidance dengan menggunakan SPSS Versi 25.

Hasil analisis menunjukkan bahwa umur perusahaan secaral parsial tidak berpengaruhl terhadap taxl avoidance. Ukuranl Perusahaan secaral parsial berpengaruhl terhadap taxl avoidance. Sales growth secaral parsial tidakl berpengaruh terhadapl tax lavoidance. Secara simultan umur perusahaan, ukuran perusahaan dan sales growth berpengaruh terhadap tax avoidance.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-29