iPENGARUH PROFITABILITAS, iLEVERAGE, iDAN BONUS MECHANISM iTERHADAP iAGRESIVITAS iPAJAK iPADA iPERUSAHAAN iMANUFAKTUR iSUB iSEKTOR iMAKANAN iDAN iMINUMAN DI INDONESIA iYANG iTERDAFTAR iDI iBURSA iEFEK iINDONESIA PADA iTAHUN 2019 – 2022

Authors

  • Cesytia Samalu Universitas Buddhi Dharma
  • Benyamin Melatnerbar Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Profitabilitas, Leverage, Bonus, Mechanism, Agresivitas Pajak

Abstract

Tujuan ipenelitian iini iadalah iuntuk imengetahui ipengaruh profitabilitas, leverage, dan bonus mechanism iterhadap iagresivitas ipajak pada iperusahaan manufaktur isubsektor makanan dan minuman. Laporan keuangan tahunan dunia usaha tahun 2019 hingga 2022 dijadikan sebagai data sekunder untuk studi kuantitatif ini. 76 perusahaan dipilih sebagai sampel dari 84 perusahaan yang menjadi populasi penelitian ini. Pengambilan sampel purposif, yang didasarkan pada 76 sampel yang memenuhi persyaratan selama empat tahun observasi, merupakan strategi pengambilan sampel yang digunakan. iAnalisis iregresi iberganda digunakan iuntuk imenguji data, dan iSPSS iversi 26 idigunakan iuntuk imenangani data. Dengan menggunakan software iSPSS versi 26, pengujian data imenggunakan ianalisis ideskriptif, iuji iasumsi iklasik, ianalisis iregresi ilinier iberganda, iuji koefisien ideterminasi, dan iuji ihipotesis. Temuan analisis menunjukkan bahwa agresi pajak sedikit banyak dipengaruhi oleh profitabilitas. Agresivitas pajak sebagian dipengaruhi oleh leverage. Agresivitas pajak tetap tidak terpengaruh oleh skema bonus parsial. Agresivitas pajak secara simultan dipengaruhi oleh profitabilitas, leverage, dan bonus mechanism.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-29