Pengaruh Return On Asset (ROA), Debt to Equity Ratio (DER),Price Book Value (PBV) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Subsektor Properti Dan Real Estate Yang Terdaftar Di BEI tahun 2019-2022

Authors

  • Nasya Khoirunnisa Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Return On Asset, Debt to Equity Ratio, Price Book Value, Harga Saham

Abstract

               Dengan adanya pasar modal sebagai roda perekonomian bangsa dan  pasar modal merupakan sarana untuk mendapatkan dana dari investor bagi suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh antara Return On Asset, Debt to Equity Ratio, Price Book Value terhadap harga saham pada perusahaan subsektor properti dan real estate..

               Objek didalam penelitian merupakan perusahaan subsektor properti dan real estate dengan metode kuantitatif. Diperoleh 8 perusahaan dan digunakan sebagai sampel dengan teknik purposive sampling dalam subsektor properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2019-2022. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian merupakan uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji regresi linier sederhana, uji korelasi berganda dan uji hipotesis yaitu uji t dan juga uji F.

               Berdasarkan hasil analisis data yang dipaparkan dapat dibuktikan bahwa ROA, DER, PBV berpengaruh secara simultan terhadap Harga Saham perusahaan subsektor properti dan real estate pada periode 2019-2022. Secara parsial, ROA dan PBV tidak berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham perusahaan subsektor properti dan real estate pada periode 2019-2012. Sementara itu secara parsial DER berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham perusahaan subsektor properti dan real estate pada periode 2019-2022.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-29