Pengaruh Pengetahuan Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak, dan Program E-Samsat(Signal) Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Pada Mahasiswa Aktif Universitas Buddhi Dharma Fakultas Bisnis)

Authors

  • Viriya Chandra Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Pengetahuan Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Program E-Samsat, Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan perpajakan, kesadaran wajib pajak, sanksi perpajakan, dan program e-Samsat (sinyal) terhadap kepatuhan pajak kendaraan bermotor pada mahasiswa Universitas Buddhi Dharma.

Dalam eksplorasi ini, pengujian non-likelihood digunakan. Karena penggunaan purposive sampling dalam pengambilan sampel probabilitas, penelitian ini tidak membedakan mahasiswa semester dan hanya berfokus pada mahasiswa bisnis Universitas Buddhi Dharma.

Dengan tingkat signifikansi antara 0,044 hingga 0,05 dan nilai t hitung sebesar 2,873, maka kesadaran wajib pajak jelas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan. Selain itu, denda pajak mempunyai dampak yang signifikan terhadap kepatuhan pajak kendaraan. Nilai t hitung penelitian dan nilai signifikansi 0,002–0,05 menunjukkan bahwa kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor dipengaruhi secara signifikan oleh variabel kesadaran pajak. Untuk kepatuhan wajib pajak kendaraan, software e-Samsat (sinyal) mempunyai nilai t hitung sebesar 2,715 lebih tinggi dari tingkat signifikansi t tabel sebesar 1,987. Selain itu, konsistensi pengisian daya mesin juga sangat dipengaruhi oleh penggerak e-Samsat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-29