Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Perencanaan Pajak, Ukuran Perusahaan, dan Leverage Terhadap Manajemen Laba Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman Periode 2018-2023

Authors

  • Mela Sukhita Karya Universitas Buddhi Dharma
  • Jenni Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Pertumbuhan Penjualan, Perencanaan Pajak, Ukuran Perusahaan, Leverage, Manajemen Laba

Abstract

Ukuran perusahaan, perencanaan pajak, utang, dan pertumbuhan penjualan adalah beberapa variabel yang ingin dibuktikan oleh penelitian ini berdampak pada manajemen laba. Sebanyak 95 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2018 hingga 2023 dimasukkan dalam penelitian ini. Strategi sampel purposive digunakan untuk memperoleh data sekunder. Teknik ini termasuk memilih 25 perusahaan makanan dan minuman sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Dalam penelitian ini, manajemen laba dievaluasi menggunakan model akrual diskresioner Jones yang dimodifikasi. Semua variabel diturunkan menggunakan rumus. Logaritma natural dari total aset perusahaan adalah cara yang baik untuk memperkirakan ukurannya, sementara tingkat retensi pajak berguna untuk perencanaan pajak dan pertumbuhan penjualan merupakan indikator yang baik untuk kesuksesan di masa depan. Berdasarkan temuan mereka, penulis menyimpulkan bahwa (1) perencanaan pajak tidak memengaruhi manajemen laba, (2) ukuran perusahaan memengaruhi, (3) pertumbuhan penjualan memengaruhi, dan (4) leverage juga memengaruhi. (5) Perencanaan pajak, ukuran bisnis, dan pertumbuhan penjualan semuanya berdampak pada manajemen laba.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-10-26