Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Struktur Aset, Growth Opportunity, dan Ukuran Perusahaan terhadap Struktur Modal (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Ritel yang terdaftar di Bursa Efek Infonesia Tahun 2017-2020)

  • Rianty Marsella Agustina Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh likuiditas, profitabilitas, struktur aset, growth opportunity, dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal. Variabel dependen yaitu struktur modal yang diukur dengan Debt to Equity Ratio (DER). Variabel independen yaitu likuiditas yang diukur dengan Current Ratio (CR), profitabilitas diukur dengan Return On Assets (ROA), struktur aset diukur dengan Fixed Assets Ratio (FAR), growth opportunity diukur dengan kenaikan laba (GO), dan ukuran perusahaan diukur dengan Size.


 Populasi pada penelitan ini adalah perusahaan sektor ritel yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia berjumlah 27 dengan total sampel yang sebanyak 10 perusahaan yang telah dipilih dengan metode purposive sampling. Periode pengamatan pada penelitian ini yaitu 4 tahun yaitu 2017-2020. Penelitian ini menggunakan data sekunder, sumber data diperoleh dari website resmi BEI, yaitu www.idx.co.id. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Berganda, Uji Statistik Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, dan Uji Hipotesis dengan menggunakan software SPSS25.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa likuiditas berpengaruh terhadap struktur modal, profitabilitas berpengaruh terhadap struktur modal, struktur aset tidak berpengaruh terhadap struktur modal, growth opportunity tidak berpengaruh terhadap struktur modal, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap struktur modal. Likuiditas, profitabilitas, struktur aset, growth opportunity, dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap struktur modal.

Published
2021-12-08
How to Cite
AGUSTINA, Rianty Marsella. Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Struktur Aset, Growth Opportunity, dan Ukuran Perusahaan terhadap Struktur Modal (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Ritel yang terdaftar di Bursa Efek Infonesia Tahun 2017-2020). Prosiding: Ekonomi dan Bisnis, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 243-252, dec. 2021. ISSN 2809-381X. Available at: <https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/pros/article/view/736>. Date accessed: 08 aug. 2022.