https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/pros/issue/feed Prosiding: Ekonomi dan Bisnis 2024-11-29T03:21:33+00:00 Andy andy.andy@ubd.ac.id Open Journal Systems <p><strong><a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/20211208281403704">EISSN.&nbsp;2809-381X<br><br></a></strong>Prosiding: Ekonomi dan Bisnis menerbitkan artikel-artikel yang disampaikan pada Seminar Nasional yang diadakan setiap tahun oleh Fakultas Bisnis, Universitas Buddhi Dharma</p> https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/pros/article/view/3281 Pengaruh Perencanaan Pajak, Manajemen Laba Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Otomotif & Komponen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2020 – 2023 ) 2024-09-30T04:27:11+00:00 Aldi vinzaldi46@gmail.com Susanto Wibowo susanto.wibowo@ubd.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh : (1) perencanaan pajak terhadap nilai perusahaan (2) manajemen laba terhadap nilai perusahaan serta (3) struktur modal terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi berupa perusahaan manufaktur otomotif dan komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2020 hingga 2023. Sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive sampling, menghasilkan 9 perusahaan dengan data observasi selama 4 tahun berturut-turut, sehingga diperoleh total 36 sampel perusahaan. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS versi 29.0.2.0 dan Microsoft Excel, menggunakan uji statistik deskriptif, uji T, dan uji F. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, dengan jenis data yang digunakan berupa data sekunder. Dengan menjalankan uji hipotesis diperoleh hasil sebagai berikut. Perencanaan Pajak tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Nilai Perusahaan dengan nilai signifikansi sebesar 0,146 &gt; 0,05. Manajemen Laba juga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Nilai Perusahaan, dengan nilai signifikansi 0,502 &gt; 0,05. Struktur Modal berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan, dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,001 &gt; 0,05. Perencanaan Pajak, Manajemen Laba, dan Struktur Modal pada penelitian ini secara bersama-sama dan signifikan memengaruhi Nilai Perusahaan dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,001 &gt; 0,05.</p> 2024-10-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Prosiding: Ekonomi dan Bisnis https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/pros/article/view/3364 Pengaruh Struktur Aset, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, dan Kinerja Keuangan Terhadap Kebijakan Hutang ( Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2022 2024-10-09T05:24:05+00:00 Diana Iskandar dianaiskandarr07@gmail.com Aldi Samara aldi.samara@ubd.ac.id <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan hutang pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Variabel independen mencakup struktur aset, profitabilitas, pertumbuhan perusahaan, dan kinerja keuangan, sedangkan variabel dependen adalah kebijakan hutang. Populasi penelitian terdiri dari 84 perusahaan di sub sektor makanan dan minuman selama 2019-2022. Data sekunder diperoleh dengan metode purposive sampling, menghasilkan sejumlah sampel. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis regresi menggunakan SPSS Versi 25. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa: 1) struktur aset, 2) profitabilitas, dan 3) pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap kebijakan hutang, sedangkan 4) kinerja keuangan berpengaruh signifikan.</p> 2024-10-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Prosiding: Ekonomi dan Bisnis https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/pros/article/view/3278 Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Likuiditas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Bahan Baku Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2022 2024-09-30T03:46:14+00:00 Jonathan Lazuardi jonathanlazuardi279@gmail.com Etty Herijawati etty.herijawati@ubd.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh struktur modal, profitabilitas, likuiditas, dan ukuran perusahaan pada perusahaan sektorlbahanlbaku industrildasar danlkimialyang terdaftarldilBursalEfeklIndonesia pada tahunl2019 hinggal2022. Sampel yang diambil menggunakan metode <em>Purposive Sampling</em> adalah 18 perusahaan sektor bahan baku industri dasar dan kimia yanglterdaftar dilBursa Efek Indonesia selama periodelpenelitian. Tekniklanalisisldatalyang digunakanldidalam penelitian ini yakni ujilstatistikldeskriptif, ujilasumsilklasik,luji koefisienldeterminasi (<em>Adjusted R Square</em>), analisislregresillinearlbergandaldanluji hipotesislyang diolahldenganlsoftware SPSSlversil25. Hasillpenelitian ini secara parsiall menunjukkan lbahwal struktur modall tidak berpengaruhl terhadap nilai perusahaan, profitabilitas tidakl berpengaruhl terhadapl nilail perusahaan, likuiditas tidakl berpengaruhl terhadapl nilail perusahaan, dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadapl nilail perusahaan. Dan secaral simultan menunjukkan pengaruh antara strukturl modal, lprofitabilitas, likuiditasl, danl ukuranl perusahaanl terhadapl lnilai perusahaan.</p> 2024-10-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Prosiding: Ekonomi dan Bisnis https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/pros/article/view/3344 Pengaruh Pemahaman Perpajakan, Moral Wajib Pajak, Modernisasi Sistem dan Tingkat Penghasilan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM (Studi Empiris pada Pemilik UMKM di Kelurahan Cibodas, Kota Tangerang) 2024-10-07T05:40:56+00:00 Des Talenta Gulo destalentagulo30@gmail.com <p>Lokasi atau tempat penelitian di Kelurahan Cibodas, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang.Penyebaran kuesioner untuk mengumpulkan data dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan rumus slovin dan <em>purposive sampling. </em>Analisis data menggunakan <em>Software</em> SPPS 25, dengan hasil : (1) Pemahaman perpajakan dengan hasil output signifikasi sebesar 0,000 &lt; 0,05 dan nilai 6,144 &gt; 1,99210. (2) Pengaruh Moral wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan 0,011 &lt; 0,05 dan nilai 2,605 &gt; 1,99210. (3) Pengaruh modernisasi, positif dan signifikan 0,000 &lt; 0,05 dan nilai 4,048 &gt; 1,99210. (4) Tingkat penghasilan berpengaruh positif dan signifikan 0,000 &lt; 0,05 dan nilai t 5,903 &gt; 1,99210. (5) Hasil uji f yang telah dilakukan dengan perbandingan nilai f (hiutng&gt;tabel) sebesar 20,407 &gt; 2,49 dan 0,000 &lt; 0,05 berpengaruh secara Simultan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM.</p> 2024-10-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Prosiding: Ekonomi dan Bisnis https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/pros/article/view/3448 Sikap Berbudi Luhur dalam Kehidupan Lingkungan Organisasi Pendidikan 2024-11-29T03:21:33+00:00 Heru Nugroho 2431700117@student.budiluhur.ac.id Selamet Riyadi sr@gmail.com <p>Sikap berbudi luhur merupakan elemen fundamental dalam menciptakan budaya organisasi pendidikan yang harmonis, inklusif, dan berkelanjutan. Penelitian ini mengkaji dampak nilai berbudi luhur, seperti kejujuran, tanggung jawab, dan empati, terhadap kinerja organisasi, hubungan antarindividu, serta pembangunan karakter siswa. Meskipun manfaatnya signifikan, implementasi nilai-nilai ini menghadapi tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan resistensi terhadap perubahan budaya. Strategi seperti pelatihan moral, integrasi teknologi, dan kolaborasi komunitas terbukti efektif dalam mengatasi hambatan tersebut. Kesimpulannya, sikap berbudi luhur tidak hanya memperkuat organisasi pendidikan tetapi juga mempersiapkan generasi yang etis dan tangguh menghadapi tantangan global.</p> 2024-10-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Prosiding: Ekonomi dan Bisnis https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/pros/article/view/3332 Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Dan Kerjasama Tim Terhadap Kinerja Karyawan Di PT. Pimsf Kapuk 2024-10-04T07:20:16+00:00 Michelle michellezelie14@gmail.com Fidellis Wato Tholok fidellis.wato@ubd.ac.id <p>Rendahnya tingkat disiplin kerja di PT. PIMSF Kapuk sering kali disebabkan oleh pelanggaran aturan perusahaan yang dilakukan oleh karyawan, menjadi dasar bagi kajian ini dalam menginvestigasi bagaimana Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, serta Kerjasama Tim memengaruhi Kinerja Karyawan. Peneliti menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan mengumpulkan data primer melalui observasi langsung dan penyebaran kuesioner kepada 80 karyawan PT. PIMSF Kapuk dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Temuan penelitian menunjukkan Disiplin Kerja signifikan memengaruhi Kinerja Karyawan dengan = 33,183 dan Sig. = 0,000, di mana setiap peningkatan setiap unit dalam Disiplin Kerja meningkatkan Kinerja Karyawan sebesar 0,668. Motivasi Kerja signifikan memengaruhi Kinerja Karyawan = 14,223, Sig. = 0,043, dengan peningkatan setiap unit dalam Motivasi Kerja menaikkan Kinerja Karyawan sebanyak 0,086. Sementara itu, Kerjasama Tim berdampak kuat dan positif pada Kinerja Karyawan = 15,548, Sig. = 0,000, di mana peningkatan setiap unit dalam Kerjasama Tim meningkatkan Kinerja Karyawan sebesar 0,194. Secara bersama, Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, dan Kerjasama Tim signifikan memengaruhi Kinerja Karyawan = 614,893, Sig. = 0,000. Nilai sebesar 0,980 menunjukkan hubungan yang sangat kuat, sementara sebesar 0,959 menegaskan bahwa model ini mampu menjelaskan 95,9% variasi dalam Kinerja Karyawan setelah mempertimbangkan variabel independen yang digunakan.</p> 2024-10-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Prosiding: Ekonomi dan Bisnis https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/pros/article/view/3406 Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Leverage, Perencanaan Pajak, Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Consumer Goods Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2017-2023) 2024-10-26T09:21:29+00:00 Christa Julian Finesia christfinesia@gmail.com <p>Kepemilikan manajerial, leverage, perencanaan pajak, dan ukuran perusahaan merupakan variabel yang digunakan penelitian ini untuk menganalisis manajemen laba. Penelitian ini mencakup tahun 2017–2023, dan mencakup 38 bisnis produk konsumen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sebanyak delapan belas bisnis terpisah menyediakan data untuk sampel. Penelitian ini menggunakan SPSS versi 25 untuk menganalisis data dengan menggunakan analisis regresi berganda. Profitabilitas memiliki pengaruh terhadap ukuran perusahaan, tetapi tidak berpengaruh terhadap persiapan pajak, tidak berpengaruh terhadap leverage, dan tidak berpengaruh terhadap karakteristik kepemilikan manajerial yang diidentifikasi dalam penelitian ini.</p> 2024-10-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Prosiding: Ekonomi dan Bisnis https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/pros/article/view/3290 Pengetahuan Perpajakan, Minat, Persepsi Dan Penghargaan Finansial Terhadap Pilihan Berkarir Di Bidang Perpajakan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis Universitas Buddhi Dharma) 2024-10-01T05:45:11+00:00 Albertus Dimas Kristanto dimaskristanto639@gmail.com Farid Addy Sumantri farid.addy@ubd.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengetahuan perpajakan, minat, persepsi, dan penghargaan finansial terhadap pilihan berkarir di bidang perpajakan. Hal ini tentu akan membuat pertanyaan seputar pemilihan profesi atau karir kepada mahasiswa itu sendiri, apakah mahasiswa akuntansi yang memilih konsentrasi pajak akan tertarik berkarir di bidang perpajakan. Dengan adanya edukasi yang tepat tentang berkarir di bidang perpajakan dapat membuat mahasiswa konsentrasi pajak menjadi yakin untuk berkarir di bidang yang telah mereka pilih. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah pilihan berkarir di bidang perpajakan, sedangkan variabel independennya adalah pengetahuan perpajakan, minat, persepsi dan penghargaan finansial. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kuantitatif dengan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik <em>purposive sampling </em>sehingga memperoleh sampel sebanyak 103 responden. Data yang digunakan adalah data primer dengan melakukan metode penyebaran kuesioner kepada para mahasiswa jurusan akuntansi fakultas bisnis Universitas Buddhi Dharma. Metode analisis data yang digunakan ialah analisis regresi berganda dengan perangkat lunak SPSS versi 25, dengan menggunakan analisis uji frekuensi, uji statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalisasi, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linier berganda, uji koefisien determinasi serta uji t (parsial) dan uji f (simultan). Berdasarkan uji parsial menunjukkan bahwa pengetahuan perpajakan, minat dan persepsi berpengaruh terhadap pilihan berkarir di bidang perpajakan. Sedangkan penghargaan finansial berpengaruh terhadap pilhan berkarir di bidang perpajakan. Hasil tersebut menunjukan bahwa pengetahuan perpajakan, minat, persepsi dan penghargaan finansial berpengaruh secara signifikan secara individual dan bersama-sama terhadap berkarir di bidang perpajakan.</p> 2024-10-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Prosiding: Ekonomi dan Bisnis https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/pros/article/view/3391 Pengaruh Word Of Mouth (WOM), Kualitas Produk, dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian di Kopi Tuh Kosambi Tangerang 2024-10-16T10:35:51+00:00 Marcelino marcelvivin@gmail.com Nana Sutisna nana.sutisna@ubd.ac.id <p>Keputusan Pembelian terhadap pembelian suatu produk di pengaruhi oleh banyak faktor, <em>Word Of Mouth</em>, Kualitas Produk, Kualitas Layanan merupakan faktor yang memungkinkan cukup berpengaruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh <em>Word Of Mouth, </em>Kualitas Produk, Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian. Penelitian ini di lakukan dengan metode survei kuisioner kepada 100 orang responden yang membeli produk cafe kopi tuh kosambi tangerang. Analisis pengujian data di lakukan melalui uji analisis statistik deskripsi, uji frekuensi, uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis linear berganda. Dari hasil analisis penulis memperoleh hasil sebagai berikut, dari analisis linear berganda diperoleh persamaan</p> <p>Dimana artinya setiap variabel (<em>Word Of Mouth</em>), (Kualitas Produk), (Kualitas Layanan) mengalami peningkatan atau penurunan sebesar 1 point maka (Keputusan Pembelian) mengalami peningkatan atau penurunan sebesar 2.829, 3.169, dan 5.578. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang telah di lakukan bahwa <em>Word Of Mouth </em>(X1) dengan nilai , Kualitas Produk (X2) dengan nilai, Kualitas Layanan (X3) dengan nilai menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y), dari ketiga variabel X berpengaruh secara simultan terhadap variabel keputusan pembelian (Y) dengan nilai, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh simultan antara variabel <em>Word Of Mouth</em>, Kualitas Produk, dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian.</p> 2024-10-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Prosiding: Ekonomi dan Bisnis https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/pros/article/view/3286 Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Komite Audit Terhadap Audit Delay pada Perusahaan Sektor Infrastruktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2021-2023 2024-10-01T04:48:41+00:00 Dwi Nandatius dwi.nandatius@gmail.com Henry Gunawan henry.gunawan@ubd.ac.id <p>Laporan keuangan yang telah diaudit harus diserahkan paling lambat 90 hari setelah tanggal penutupan. Akibatnya, keterlambatan audit memerlukan fokus tambahan. Menemukan penyebab keterlambatan audit adalah tujuan dari studi ini, yang mengamati perusahaan konstruksi yang terdaftar di BEI dari tahun 2021–2023. Ukuran, profitabilitas, solvabilitas, dan keberadaan komite audit merupakan pertimbangan yang relevan. Studi ini menggunakan data sekunder secara kuantitatif. Secara khusus, analisis linier berganda digunakan dalam IBM SPSS Statistics 25 untuk analisis tersebut. Sebanyak 29 bisnis berbeda memberikan kontribusi data selama kurun waktu tersebut.</p> <p>Penelitian ini menemukan bahwa variabel yang memengaruhi keterlambatan audit meliputi profitabilitas, ukuran organisasi, komite audit, dan solvabilitas. Tidak ada korelasi antara keterlambatan audit dan profitabilitas, ukuran perusahaan, atau solvabilitas.</p> 2024-10-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Prosiding: Ekonomi dan Bisnis https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/pros/article/view/3380 PENGARUH TQM EFISIENSI PRODUKSI DAN REORDER POIN TERHADAP STOK BAHAN BAKU PADA PT RUMAH KOPI 2024-10-14T03:10:21+00:00 Arvin Darma Saputra darmasaputraarvin@gmail.com Eso Hernawan eso.hernawan@ubd.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah TQM, Efisiensi Produksi dan Reorder Poin mempunyai pengaruh terhadap Stok Bahan Baku. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah karyawan PT Rumah Kopi dengan jumlah sebanyak 100 masyarakat. Penyelidikan ini pemakaian case maksimal 100 penjawab, sistem dokumentasi statistik memakai survei. </p> 2024-10-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Prosiding: Ekonomi dan Bisnis https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/pros/article/view/3282 Pengaruh Tax Planning, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris : Perusahaan Manufaktur Subsektor Plastik Dan Kemasan Tahun 2019-2023) 2024-09-30T04:35:55+00:00 Kornelius Christian Halim kornelius.halim@yahoo.com David Kiki Baringin david.kiki@ubd.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan studi empiris tentang pengaruh <em>tax planning</em>, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan institusional terhadap manajemen laba di Perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) khususnya subsektor plastic dan kemasan. Variable bebas antara lain perencanaan pajak (<em>tax planning</em>), kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional. Variable terikat adalah manajemen laba yang diukur menggunakan rumus (DAC). Hasil Penelitian Perencanaan pajak berpengaruh negatif terhadap manajemen laba. Kepemilikan manajerial berpengaruh negatif terhadap manajemen laba. Kepemilikan institusional berpengaruh negatif terhadap manajemen laba. Berdasarkan uji f yang ada didapatkan hasil bahwa perencanaan pajak, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan institusional berpengaruh negatif terhadap manajemen laba.</p> 2024-10-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Prosiding: Ekonomi dan Bisnis https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/pros/article/view/3369 Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Likuiditas, Struktur Aktiva dan Risiko Bisnis Terhadap Struktur Modal (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Tahun 2019-2022) 2024-10-10T12:21:30+00:00 Fenita Widelia fenitawidelia7@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh Ukuran Perusahaan (SIZE), Profitabilitas (ROA), Likuiditas (CR), Struktur Aktiva (FAR), dan Risiko Bisnis (DOL) terhadap Struktur Modal (DER). Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif meliputi 24 perusahaan dalam sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) antara tahun 2019 hingga 2022. Sampel terdiri dari 12 perusahaan dengan total 48 sampel. Sumber data sekunder berasal dari situs resmi BEI, Memakai sampel yang diperoleh dengan pendekatan purposive sampling. Pengolahan data mencakup uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, koefisien determinasi, regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis yang diproses dengan SPSS versi 27. Penelitian mengungkapkan bahwa Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap Struktur Modal, sementara Likuiditas berpengaruh negatif. Struktur Aktiva dan Risiko Bisnis tidak berpengaruh signifikan. Uji simultan (uji F), menunjukkan bahwa kelima variabel independen berpengaruh signifikan terhadap Struktur Modal pada perusahaan sub-sektor makanan dan minuman di BEI.</p> 2024-10-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Prosiding: Ekonomi dan Bisnis https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/pros/article/view/3279 Pengaruh Likuiditas, Leverage, Firm Size Dan Cash Holding Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Food And Beverages Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2019-2023 2024-09-30T03:57:06+00:00 Steven Andrean steven.andrean01@gmaill.com Selfiyan selfiyan.selfiyan@ubd.ac.id <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah Likuiditas, <em>Leverage</em>, <em>Firm size</em>, dan <em>Cash holding</em> berpengaruh terhadap Profitabilitas pada perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2023. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan Manufaktur subsektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2023 dengan menggunakan teknik <em>Purposive Sampling</em> maka data yang didapatkan sebanyak 17 perusahaan. Uji analisis data yang digunakan adalah Uji Statistik Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, Uji Koefisien Determinasi, Uji Regresi Linier Berganda dan Uji Hipotesis dengan menggunakan <em>Software </em>SPSS Versi 27 dan <em>Microsoft Excel</em>. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa variabel Likuiditas, <em>Leverage</em>, dan <em>Cash holding </em>berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Profitabilitas sedangkan variabel <em>Firm size</em> berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Profitabilitas. Hasil penelitian secara simultan menunjukan bahwa Profitabilitas, <em>Levelrage</em>, <em>Firm size</em>, dan <em>Cash holding</em> berpengaruh terhadap Profitabilitas.</p> 2024-10-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Prosiding: Ekonomi dan Bisnis https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/pros/article/view/3349 Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, dan Kerjasama Tim Terhadap Kinerja Karyawan PT Mandrosa Sukses 2024-10-07T08:37:18+00:00 Alpen Wijaya alpenwijaya69@gmail.com Sutrisna sutrisna@buddhidharma.ac.id <p>Penelitian ini ditujukan guna menganalisis bagaimana Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, dan Kerjasama Tim Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Mandrosa Sukses. Pada penelitian ini, diterapkan metode sampling jenuh, dengan total responden sebanyak 60 individu yang diberikan kuesioner. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan software SPSS versi 25. Riset ini mengimplementasikan pendekatan analisis kuantitatif, termasuk pengujian Validitas, Reliabilitas, Normalitas Data, Multikolinearitas, Heteroskedastisitas, Regresi Linear Berganda, Korelasi Berganda, Koefisien Determinasi, serta uji t dan uji F. Hasil uji t untuk variabel lingkungan kerja (X<sub>1</sub>) memperoleh skor t<sub>hitung</sub> 3,310 &gt; t<sub>tabel</sub> 2,003 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,002 &lt; 0,05, Disiplin Kerja (X<sub>2</sub>) memperoleh nilai t<sub>hitung</sub> 2,093 &gt; t<sub>tabel</sub> 2,003 dengan taraf signifikansi 0,041&lt; 0,05, dan Kerjasama tim (X<sub>3</sub>) memperoleh nilai t<sub>hitung</sub> 2,591 &gt; t<sub>tabel</sub> 2,003 dengan tingkat signifikansi senilai 0,012 &lt; 0,05. Temuan uji F memperoleh nilai F<sub>hitung</sub> 57,615 &gt; F<sub>tabel</sub> 2,77 dengan taraf signifikasi 0,000 &lt; 0,05. Sehingga bisa dikonklusikan jika variabel lingkungan kerja (X<sub>1</sub>), Disiplin Kerja (X<sub>2</sub>) serta Kerjasama tim (X<sub>3</sub>) berdampak secara parsial dan simultan pada kinerja karyawan (Y).</p> 2024-10-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Prosiding: Ekonomi dan Bisnis https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/pros/article/view/3342 Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Dividen, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2023) 2024-10-07T05:29:28+00:00 Bryan Septian sibejo145@gmail.com Salikim salikim.salikim@ubd.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Deviden, dan Ukuran Perusahaan terhadap nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah 8 perusahaan pada sub sektor Makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2019 – 2023.</p> <p>Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diakses melalui www.idx.co.id untuk meimpeiroleih laporan keiuangan tahunan peirusahaan. Meitodei peingambilan sampeil yang digunakan dalam peineilitian ini adalah purposivei sampling deingan beibeirapa kriteiria peimilihan sampeil adalah seibagai beirikut, peirusahaan yang meingalami keiuntungan seilama 2019 - 2023, tidak meinggunakan mata uang asing, dan meimiliki data yang leingkap. Hasil dari kriteiria peimilihan sampeil meinghasilkan seibanyak 8 sampeil peirusahaan seilama peiriodei 5 tahun peingamatan beirturut-turut seihingga total sampeil yang dipeiroleih seibanyak 40. Peineilitian ini meinggunakan softwarei microsoft eixceil dan SPSS Statistics veirsi 25 deingan uji statistik deiskriptif, uji asumsi klasik, uji statistik, dan uji hipoteisis.</p> <p>Hasil peineilitian meinunjukkan bahwa seicara uji parsial T profitabilitas tidak beirpeingaruh teirhadap nilai peirusahaan deingan nilai sig 0.684 &gt; 0.05, keibijakan deividein tidak beirpeingaruh teirhadap nilai peirusahaan deingan nilai sig 0.163 &gt; 0.05, ukuran peirusahaan beirpeingaruh teirhadap nilai peirusahaan deingan nilai sig 0.01 &lt; 0.05. Profitabilitas, keibijakan deividein, dan ukuran peirusahaan beirpeingaruh seicara simultan F deingan nilai sig 0.009 &lt; 0.05.</p> 2024-10-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Prosiding: Ekonomi dan Bisnis https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/pros/article/view/3411 Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak Dan Diskriminasi Perpajakan Terhadap Keputusan Top Up Game Online Yang Telah Dikenakan Ppn (Pada Pengguna Game Online Mobile Legend) 2024-10-31T08:13:48+00:00 Meliayana melianah.lie@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini ialah dalam rangka menguji bagaimana kesadaran wajib pajak, pengetahuan pajak, dan diskriminasi pajak mempengaruhi keputusan pemain game online untuk melakukan upgrade ke Mobile Legend, salah satu game yang dikenakan PPN. Metode penelitian kuantitatif dan deskriptif untuk mencapai tujuan penelitian. Adapun yang dijadikan populasinya ialah orang – orang yang memainkan game mobil legend yang memiliki NPWP. Untuk memperoleh 100 sampel penelitian, digunakan <em>purposive sampling</em> untuk memilih sampel. Kriteria yang digunakan adalah bermain Mobile Legends, berusia 20 tahun ke atas, dan mempunyai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Menggunakan SPSS versi 25, digunakan pengujian statistik deskriptif, pengujian validitas, pengujian reliabilitas, pengujian asumsi tradisional, dan pengujian hipotesis untuk menganalisis data penelitian. Lebih lanjut, sumber datanya mempergunakan data primersenilai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diskriminasi pajak menunjukkan nilai signifikansi senilai 0,031 &lt; 0,05, kesadaran wajib pajak memperoleh nilai signifikansi senilai 0,001 &lt; 0,05, dan pengetahuan pajak secara parsial memperoleh nilai signifikansi senilai 0,041 &lt; 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diskriminasi pajak, kesadaran wajib pajak, mengindikasikan, pengetahuan pajak secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap keputusan konsumen untuk membeli game mobile legend online top-up. Pengukuran secara simultan menunjukkan bahwa kesadaran wajib pajak, diskriminasi pajak, dan pengetahuan pajak secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan untuk membeli game mobile legend online, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 &lt; 0,05.</p> 2024-10-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Prosiding: Ekonomi dan Bisnis https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/pros/article/view/3330 Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Merek Minuman Xiboba Store Taman Ubud Lippo Karawaci) 2024-10-04T07:10:59+00:00 Suwandi Susanto suandisusanto@gmail.com Pujiarti pujiarti.pujiarti@ubd.ac.id <p>Pelnellitian ini belrtujuan untuk melnganalisis posisi Xiboba dalam pasar minuman boba dan melngidelntifikasi kelunggulan kompeltitif yang dimiliki. Meltodel pelnellitian yang digunakan adalah surveli delngan distribusi kuelsionelr kelpada 100 relspondeln yang melrupakan pellanggan Xiboba Storel, data yang dipelrolelh dianalisis melnggunakan analisis relgrelsi belrganda untuk melngidelntifikasi hubungan antara variabell. Dalam pelnellitian ini digunakan meltodel random sampling. Relspondeln belrjumlah 100 orang yang melnelrima kuelsionelr dan didukung delngan SPSS Selri 25 untuk fasilitas pelngolahan data. Dalam skripsi ini, pelnulis melnggunakan analisis kuantitatif delngan mellakukan Uji Validitas, Relliabilitas, Normalitas Data, Multikolinelaritas, Heltelroskeldastisitas, Relgrelsi Linelar Belrganda, Korellasi Belrganda, Koelfisieln Deltelrminasi, uji t dan F. Variabell belbas pelnellitian ini adalah kualitas produk (X1), promosi (X2), kualitas pellayanan (X3) delngan variabell telrikat loyalitas pellanggan (Y).</p> 2024-10-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Prosiding: Ekonomi dan Bisnis https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/pros/article/view/3392 Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Perencanaan Pajak, Ukuran Perusahaan, dan Leverage Terhadap Manajemen Laba Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman Periode 2018-2023 2024-10-16T10:40:26+00:00 Mela Sukhita Karya sukhitamela@gmail.com Jenni jenni.jenni@ubd.ac.id <p>Ukuran perusahaan, perencanaan pajak, utang, dan pertumbuhan penjualan adalah beberapa variabel yang ingin dibuktikan oleh penelitian ini berdampak pada manajemen laba. Sebanyak 95 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2018 hingga 2023 dimasukkan dalam penelitian ini. Strategi sampel purposive digunakan untuk memperoleh data sekunder. Teknik ini termasuk memilih 25 perusahaan makanan dan minuman sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Dalam penelitian ini, manajemen laba dievaluasi menggunakan model akrual diskresioner Jones yang dimodifikasi. Semua variabel diturunkan menggunakan rumus. Logaritma natural dari total aset perusahaan adalah cara yang baik untuk memperkirakan ukurannya, sementara tingkat retensi pajak berguna untuk perencanaan pajak dan pertumbuhan penjualan merupakan indikator yang baik untuk kesuksesan di masa depan. Berdasarkan temuan mereka, penulis menyimpulkan bahwa (1) perencanaan pajak tidak memengaruhi manajemen laba, (2) ukuran perusahaan memengaruhi, (3) pertumbuhan penjualan memengaruhi, dan (4) leverage juga memengaruhi. (5) Perencanaan pajak, ukuran bisnis, dan pertumbuhan penjualan semuanya berdampak pada manajemen laba.</p> 2024-10-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Prosiding: Ekonomi dan Bisnis https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/pros/article/view/3287 Pengaruh Likuiditas, Leverage, Firm Size Dan Cash Holding Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Food And Beverages Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Tahun 2019-2023 2024-10-01T05:08:48+00:00 Steven Andrean steven.andrean01@gmaill.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah Likuiditas, <em>Leverage</em>, <em>Firm size</em>, dan <em>Cash holding</em> berpengaruh terhadap Profitabilitas pada perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2023. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan Manufaktur subsektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2023 dengan menggunakan teknik <em>Purposive Sampling</em> maka data yang didapatkan sebanyak 17 perusahaan. Uji analisis data yang digunakan adalah Uji Statistik Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, Uji Koefisien Determinasi, Uji Regresi Linier Berganda dan Uji Hipotesis dengan menggunakan <em>Software </em>SPSS Versi 27 dan <em>Microsoft Excel</em>. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa variabel Likuiditas, <em>Leverage</em>, dan <em>Cash holding </em>berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Profitabilitas sedangkan variabel <em>Firm size</em> berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Profitabilitas. Hasil penelitian secara simultan menunjukan bahwa Profitabilitas, <em>Levelrage</em>, <em>Firm size</em>, dan <em>Cash holding</em> berpengaruh terhadap Profitabilitas.</p> 2024-10-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Prosiding: Ekonomi dan Bisnis https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/pros/article/view/3387 Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen pada produk Teh Pucuk Harum di Kelurahan Pasir Jaya ( Studi Kasus: PT. Mayora Indah, Tbk.) 2024-10-15T04:19:09+00:00 Vanesa Denny vanesadny8@gmail.com Fx. Pudjo wibowo pudjo.wibowo@ubd.ac.id <p>Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk menguji Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen. Penelitian ini berfokus pada produk Teh Pucuk Harum di Kelurahan Pasir Jaya yang di produksi oleh PT. Mayora Indah, Tbk. Pada lsampel pelnelitian ini belrjumlah 100 lresponden. Pengulmpulanl data dilakukan lmelalui penlyebaran kuesiolner, Berdasarkan uji hipotesis diperoleh t hitung untuk promosi sebesar 5,630, untuk t hitung harga sebesar 3,774 dan t hitung untuk kualitas produk sebesar 3,513 dengan t tabel sebesar 1,984. Denlgan katal lain, H0l ditolak dlan Ha diterimla karelna t hlitung &gt; t ltabel, sedanglkan daril hasil luji lF diperolleh nillai F hitunlg sebesarl 39,925 dilmana nillai tersebut llebih besalr dari F ltabel sebeslar l2,70 denglan tinlgkat signifiklan 0,000 llebih kecill dari l0,05 makal Ho ditolalk dan Hal diterlima. Dari lhasil penelitianl di latas, terbuktil Pengaruh lPromosi, Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen.</p> 2024-10-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Prosiding: Ekonomi dan Bisnis https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/pros/article/view/3283 Pengaruh Promosi, Harga Kompetitif, dan Brand Image Terhadap Minat Beli Roughneck 1991 Pada ShopeePengaruh Promosi, Harga Kompetitif, dan Brand Image Terhadap Minat Beli Roughneck 1991 Pada ShopeePengaruh Promosi, Harga Kompetitif, dan Brand Image Terhadap Minat Beli Roughneck 1991 Pada Shopee 2024-09-30T04:43:13+00:00 Rico Wijaya Kamonwathin ricowijayak@gmail.com Rinintha Parameswari rinintha.parameswari@ubd.ac.id <p>Penelitian ini diinisiasi untuk mengevaluas serta menelusuri pengaruh yang diberikan oleh promosi, harga kompetitif dan brand image terhadap minat beli produk Roughneck 1991 yang dipasarkan melalui platform Shopee. Analisis tersebut menghasilakn formulasi model regrersi linier berganda yang efektif, yang diwakili oleh persamaan Y = 8,609 + 0,298X1 + 0,281X2+ 0,233X3 +e. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel promosi, harga kompetitif, dan <em>brand image</em> memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan minat beli konsumen terhadap produk Roughneck 1991 yang dijual di Shopee. Temuan ini memberikan pemahaman kritis mengenai strategi pemasaran dan pengembangan produk yang akan diimplementasikan di masa depan.</p> 2024-10-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Prosiding: Ekonomi dan Bisnis https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/pros/article/view/3378 Peranan Meningkatkan Efektivitas Pengendalian Intern Persediaan Barang Jadi Pada PT. Cakra Utama 2024-10-14T03:02:12+00:00 Mustika Dewi mustikadewi807@gmail.com <p>Praktik kerja magang dilaksanakan di PT. Cakra Utama Anugerah Teknik pada bagian Administration yang mengerjakan pengelolaan dalam data-data produksi perusahaan selama 3 (tiga) bulan terhitung sejak 01 April 2024 sampai dengan 30 Juni 2024 dengan 6 (enam) hari kerja dari pukul 07.00 sampai dengan 16.00 WIB dengan alamat kantor Perkantoran JL. KS. Tubun No.30, RT.002/RW.004, Koang Jaya, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15112. Dalam pelaksanaan magang ini, fokus utamanya adalah pada prosedur pencatatan di PT Cakra Utama Anugerah Teknik. Kendala yang ditemukan penulis selama melaksanakan magang di PT. Cakra Utama Anugerah Teknik ini dalam pencatatan di PT Cakra Utama Anugerah Teknik ini adalah adanya ketidakcocokan antara PO yang dikirimkan oleh pihak supplier dengan permintaan barang yang diminta dari pihak supplier sehingga hal tersebut menyebabkan pengiriman barang terhambat. Maka dari itu, pihak perusahaan harus mengkoordinasikan kepada pihak pusat supplier agar menambahkan barang yang diminta ke dalam PO supplier tersebut agar saat penagihan transaksi pembelian barang tersebut dapat di tagih dengan pembuktian PO yang sudah di perbaharui atau di tambahkan. Adapun kendala permasalahan mengenai barang bermasalah yang di kembalikan oleh pihak supplier yang dapat menyebabkan kerugian perusahaan dan menghambat pelunasan barang. Maka dari itu, seluruh bagian dari perusahaan tersebut harus bekerja sama dan mencari solusi agar barang tersebut dapat di kirim kembali dan di terima oleh pihak supplier.</p> 2024-10-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Prosiding: Ekonomi dan Bisnis https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/pros/article/view/3280 Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Dan Leverage Terhadap Tax Avoidance Pada Perusahaan Sektor Energy Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2023 2024-09-30T04:21:00+00:00 Angelica Christianto christianto442@gmail.com Juan Barus Gultom juan.barus@ubd.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, profitabilitas, dan <em>leverage</em> terhadap <em>tax</em> <em>avoidance</em> pada perusahaan sektor <em>energy</em> yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2023. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor <em>energy</em> yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2023. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode <em>non</em> <em>probability</em> <em>sampling</em> dengan teknik <em>purposive</em> sampling. Sampel yang diperoleh berjumlah 90 yang berasal dari 18 perusahaan berdasarkan kriteria tertentu. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi linear berganda yang diolah dengan bantuan program Aplikasi <em>Statistical</em> <em>Package</em> <em>for</em> <em>the Social</em> <em>Sciences</em> (SPSS) versi 29. Berdasarkan hasil uji T (parsial) penelitian ini menunjukkan bahwa likuiditas tidak berpengaruh terhadap <em>tax</em> <em>avoidance</em>, sedangkan profitabilitas dan <em>leverage</em> berpengaruh terhadap <em>tax</em> <em>avoidance</em>. Hasil uji F (simultan) penelitian ini menunjukkan bahwa likuiditas, profitabilitas, dan <em>leverage</em> secara simultan berpengaruh terhadap <em>tax</em> <em>avoidance</em>.</p> 2024-10-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Prosiding: Ekonomi dan Bisnis https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/pros/article/view/3362 Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Dan Umur Perusahaan Terhadap Audit Report Lag Dengan Solvabilitas Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2024-10-09T05:19:12+00:00 Citra chietraliem14@gmail.com Limajatini limajatini@buddhidharma.ac.id <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah profitabilitas, ukuran, dan solvabilitas perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI terkait dengan lamanya waktu penyelesaian laporan audit. Dari tahun 2019 hingga 2022, analisis kuantitatif ini mengambil datanya dari laporan keuangan tahunan perusahaan. Populasi penelitian ini terdiri dari 124 perusahaan, dengan 34 perusahaan menjadi sampel. Untuk menjamin dokumentasi yang menyeluruh dari penelitian selama empat tahun ini, 136 sampel dipilih dengan menggunakan purposive sampling menggunakan SmartPLS versi 4.0. Tidak ada satu variabel pun yang dapat dipengaruhi oleh solvabilitas ketika melihat korelasi antara keterlambatan laporan audit, profitabilitas, ukuran bisnis, dan umur perusahaan. Seperti halnya profitabilitas dan ukuran perusahaan, keterlambatan laporan audit yang dipengaruhi oleh solvabilitas tidak dapat diubah.</p> 2024-10-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Prosiding: Ekonomi dan Bisnis https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/pros/article/view/3343 Pengaruh Leverage Ukuran KAP dan Ukuran Perusahaan Terhadap Audit Fee (Perusahaan Manufaktur Sektor Energi Yang Terdaftar Di BEI Indeks Tahun 2019-2022) 2024-10-07T05:33:55+00:00 Ripka Ari Vianti ribkaarivianti@gmail.com Sutandi sutandi.sutandi@ubd.ac.id <p>Penelitian ini berfungsi untuk mengetahui pengaruh:1) Leverage(X1), 2) Ukuran KAP(X2), 3) Ukuran Perusahaan(X3) terhadap Audit <em>fee. </em>Populasi pada penelitian ini bersumber dari perusahaan manufaktur yangiterdaftar di BEI indeks tahun 2019-2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode <em>Purposive</em> <em>Sampling.</em></p> <p>Program (SPSS) Versi 23 merupakan program yang digunakan dalam penelitian ini.</p> <p>Penelitian ini memperoleh hasil dan menyimpulkan bahwa Leverage(X1) tidak memiliki pengaruh terhadap audit <em>fee, </em>Ukuran KAP(X2) memiliki pengaruh terhadap audit <em>fee</em>, Ukuran Perusahaan (X3) memiliki pengaruh terhadap audit <em>fee</em>; Leverage, Ukuran KAP dan Ukuran Perusahaan memiliki pengaruh secara simultan terhadap audit <em>fee</em>.</p> 2024-10-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Prosiding: Ekonomi dan Bisnis https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/pros/article/view/3417 Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kopi Kenangan Di Kota Tangerang 2024-11-05T03:20:10+00:00 Caroline Ivana Morinda carolineivana@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh kualitas produk,harga dan promosi terhadap kepuasan pelanggan pada kopi kenangan. Metode peneliti menggunakan teknik <em>non probability</em> sampling dengan metode pengambilan sampel berupa Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan data primer yang mana didapatkan oleh penulis melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 orang responden . pada penelitian ini dapat diperoleh nilai hubungan antara variabel kualitas produl dengan kepuasan pelangan sebesar 72,8% dan sisanya sebesar 27,2% dipengaruhi faktor-faktor lain, variabel harga dengan kepuasan pelangan sebesar 76,9,% dan sisanya sebesar 23,1% dipengaruhi faktor-faktor lain. Sedangkan hubungan antara promosi dengan kepuasan pelangan sebesar 88,8% dan sisanya sebesar 12,2% dipengaruhi factor-faktor lain. uji hipotesis diperoleh t hitung untuk kualitas produk sebesar, 6.282 untuk t hitung harga sebesar 4.234 dan t hitung untuk promosi sebesar 2,923 dengan t tabel sebesar 1,66055 yang diperoleh dari tabel distribusi t untuk df = 100 - 2 dan <em>level of significant</em> 0,0. Dengan kata lain, H0 ditolak dan Ha diterima karena t hitung &gt; t tabel, sedangkan dari hasil uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 118.932 dimana nilai tersebut lebih besar dari F tabel sebesar 2,70 dengan tingkat signifikan 0,00 ebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima Dari hasil penelitian di atas, terbukti bahwa kualitas produk, harga dan promosi mempengaruhi kepuasan pelangan.</p> 2024-10-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Prosiding: Ekonomi dan Bisnis https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/pros/article/view/3331 Pengaruh Account Receivable Turnover (Arto), Debt To Equity Ratio (Der), Dan Gross Profit Margin (Gpm) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sub Sektor Otomotif & Komponen Otomotif Periode Tahun 2015 - 2022 2024-10-04T07:15:32+00:00 Calvin Johanes Cu calvinjc93@gmail.com Suhendar Janamarta suhendar.janamarta@ubd.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai pengaruh <em>Account Receivable Turnover </em>(ARTO), <em>Debt to Equity Ratio </em>(DER), dan <em>Gross Profit Margin </em>(GPM) terhadap harga saham. Objek penelitiannya ialah perusahaan sektor otomotif beserta komponen otomotif dengan periode tahun 2015-2022. Dalam penelitian ini terdapat populasi sebanyak 18 perusahaan dan setelah dilakukan pengurangan dengan kriteria tertentu terpilih 4 sampel perusahaan dengan total 32 laporan keuangan sebagai data penelitian. Data penelitian ini diolah dengan SPSS versi 25 menerapkan teknik analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan variabel <em>Account receivable Turnover </em>(ARTO) berpengaruh signifikan terhadap harga saham bernilai signifikansi 0,000 &lt; 0,05. <em>Debt to Equity Ratio </em>berpengaruh terhadap harga saham bernilai signifikansi 0,004 &lt; 0,05. <em>Gross Profit Margin </em>tak berpengaruh signifikan terhadap harga saham bernilai signifikansi 0,095 &gt; 0,05 dan secara simultan ARTO, DER dan GPM berpengaruh signifikan terhadap harga saham bernilai signifikansi 0,000 &lt; 0,05.</p> 2024-10-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Prosiding: Ekonomi dan Bisnis https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/pros/article/view/3393 Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Mcdonald’s Shinta Kota Tangerang 2024-10-16T10:44:22+00:00 Monica Chandra monicachndraa@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh kualitas layanan, harga, dan promosi terhadap kepuasan pelanggan di McDonald's Shinta, Kota Tangerang. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada pelanggan dan dianalisis dengan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan, harga, dan promosi secara signifikan mempengaruhi kepuasan pelanggan, dengan nilai R Square sebesar 66,4%.</p> <p>Uji F menghasilkan nilai 126,216, yang menunjukkan hubungan linear antara variabel-variabel tersebut, dengan tingkat signifikansi 0,000. Selain itu, uji T menunjukkan bahwa masing-masing variabel independen berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Secara keseluruhan, kualitas layanan, harga, dan promosi memberikan kontribusi yang positif terhadap tingkat kepuasan pelanggan di McDonald's Shinta Kota Tangerang.</p> 2024-10-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Prosiding: Ekonomi dan Bisnis https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/pros/article/view/3289 Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Dan Solvabilitas Terhadap Tax Avoidance (Studi Pada Perusahaan Sub-Sektor Industrial Goods Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2020-2023) 2024-10-01T05:28:26+00:00 Yunia Purnia yunia.purnia123@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menilai bagaimana Likuiditas, Profitabilitas, dan Solvabilitas mempengaruhi <em>Tax Avoidance</em>. Objek dari penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan di sektor <em>Industrial Goods</em> yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2020 hingga 2023. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, menggunakan data sekunder yang berasal dari laporan keuangan perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2020 hingga 2023. Metode pengambilan sampel yang diterapkan adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 88 perusahaan. Analisis data dilakukan melalui uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi (R²), analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis, yang seluruhnya diolah menggunakan <em>software</em> SPSS versi 25. Hasil penelitian secara individu menunjukkan bahwa profitabilitas memiliki pengaruh signifikan terhadap <em>Tax Avoidance</em> dengan nilai signifikansi sebesar 0,036, yang mana kurang dari 0,05. Sebaliknya, likuiditas dan solvabilitas tidak berpengaruh terhadap <em>Tax Avoidance</em> karena nilai signifikansi masing-masing adalah 0,000 dan 0,001, yang berada di bawah batas ambang 0,05. Sementara itu, hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa likuiditas, profitabilitas, dan solvabilitas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap <em>Tax Avoidance</em>, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang juga kurang dari 0,05.</p> 2024-10-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Prosiding: Ekonomi dan Bisnis https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/pros/article/view/3390 Pengaruh Kompensasi, Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Mediacipta Perkasa Mandiri 2024-10-16T10:31:32+00:00 Maria Bella Kusmara Hadi bellakusmarahadi05@gmail.com <p>Penelitian ini memiliki fungsi sebagai penguji atas pengaruh dari kompensasi, disiplin kerja, dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan di PT Mediacipta Perkasa Mandiri. Fokus pada faktor-faktor ini penting untuk meningkatkan produktivitas pegawai. Pendekatan yang diterapkan bersifat kuantitatif dengan melibatkan 103 responden melalui kuesioner yang disebarkan lewat Google Form. Data dianalisis menggunakan SPSS versi 18, termasuk uji validitas, uji t dan uji f untuk mengevaluasi pengaruh yang diberikan oleh variabel.</p> <p>Temuan mengindikasi bahwa ketiga variabel mempengaruhi performa karyawan, dengan disiplin kerja sebagai variabel yang paling dominan (koefisien 1,136). Kompensasi memiliki nilai negatif (-0,26) dan lingkungan kerja 0,126, menunjukkan disiplin kerja lebih penting dibandingkan dua variabel lainnya. Hasil uji statistik menunjukkan nilai t untuk kompensasi -0,405, disiplin kerja 9,622, dan lingkungan kerja 1,185. Uji f menghasilkan nilai 88,792, jauh lebih tinggi dari nilai f tabel sebesar 2,70, dengan tingkat signifikansi 0,000 &lt; 0,05, yang berarti model regresi valid.</p> <p>Temuan ini memberikan wawasan bagi perusahaan untuk pendekatan manajemen SDM yang lebih efisien, terutama dalam meningkatkan disiplin kerja pegawai atau karyawan.</p> 2024-10-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Prosiding: Ekonomi dan Bisnis https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/pros/article/view/3284 Pengaruh Pemsasaran Digital, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia 2024-09-30T04:56:31+00:00 Deo Vero deovero03@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pengaruh pemasaran digital, promosi, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian online di tokopedia. Pemilihan sampel ini berdasarkan metode simple random sampling dan data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang dikumpulkan dari kuesioner yang dibagikan kepada responden. Metode analisis yang digunakan regresi linear berganda sehingga dapat disimpulkan bahwa, variabel pemasaran digital terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dengan t hitung 1,463 &lt; t tabel 1,985 dan signifikansi 0,147 &lt; 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa pemasaran digital mempunyai pengaruh negatif terhadap keputusan pembelian, lalu variabel promosi terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dengan nilai t hitung 2,227 &gt; t tabel 1,985 dan signifikansi 0,028 &lt; 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa promosi mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian, lalu variabel kualitas produk terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dengan t hitung 5,343 &gt; t tabel 1,985 dan signifikansi 0,00 &lt; 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas produk mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Dari uji F didapat Fhitung untuk pemasaran digital, promosi, kualitas produk dengan tingkat signifikansi 0,000 &lt; 0,005 atau Fhitung &gt; Ftabel 59,411 &gt; 3,09, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan antara pemasaran digital, promosi, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian.</p> 2024-10-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Prosiding: Ekonomi dan Bisnis https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/pros/article/view/3379 Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada PT Bando Indonesia) 2024-10-14T03:06:12+00:00 Handryan Wijaya handryanwjya@gmail.com <p>Penelitian ini dilaksanakan agar mampu menganalisa terkait dampak lingkungan pekerjaan, disiplin para pekerja serta etos kerja pada kinerja karyawan di Pt Bando Indonesia. Teknik analisa yang dipakai ialah deskriptif kuantitatif dengan data primer yang didapat lewat kuesioner. Populasi memberi gambaran sebanyak 105 pegawai, dengan teknik sampling jenuh maka dari itu semua populasi dijadikan sebagai sampel. Hasil yang telah diteliti menggambarkan bahwa motivasi kerja (t-hitung 3,291, sig = 0,001) secara individu memberi dampak segnifikan pada kinerja karyawan, lingkungan kerja (t-hitung 2,192, sig = 0,031) secara individu memberi dampak segnifikan pada kinerja karyawan, dan disiplin kerja (t-hitung 36,089, sig = 0,000) secara individu memberi dampak pada kinerja karyawan. Disiplin kerja memberikan pengaruh paling kuat dengan kontribusi peningkatan kinerja sebesar 0,936 unit untuk setiap satu unit peningkatan. Secara bersama-sama, ketiga faktor ini menjelaskan 93% variasi dalam kinerja karyawan (<em>Adjusted</em> R² = 0,930). Dengan nilai F-hitung sebesar 458,346 (sig = 0,000), menggambarkan bahwa Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, serta Disiplin Kerja dengan cara bersamaan memberi dampak pada kinerja karyawan.</p> 2024-10-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Prosiding: Ekonomi dan Bisnis