Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Kategori Produk Fashion Online Pada Marketplace

Isi Artikel Utama

Penulis

    Wisaka Mustika( 1 ) Meike Kurniawati( 2 ) Meylisa Permata Sari( 3 )

    (1) Universitas Tarumanagara | Indonesia
    (2) Universitas Tarumanagara | Indonesia
    (3) Universitas Tarumanagara | Indonesia

Abstrak

Perkembangan teknologi internet secara pesat beberapa tahun ini diiringi adanya kehadiran konsep marketplace memudahkan konsumen dalam melakukan pembelian. Kemudahan ini dapat memunculkan fenomena pembelian impulsif pada masyarakat apabila tidak dapat dikendalikan dengan baik. Tingginya motivasi belanja hedonis dapat menjadi salah satu faktor dalam pembelian impulsif, terutama pada kalangan remaja akhir. Sehingga penelitian ini dilaksanakan dengan memiliki tujuan mencari pengaruh variabel motivasi belanja hedonis terhadap perilaku pembelian impulsif remaja akhir pada konsumen marketplace. Studi penelitian ini bersifat kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini melibatkan 400 partisipan dengan usia 18 hingga 21 tahun dan pernah membeli produk fashion pada marketplace. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belanja hedonis memberikan pengaruh sebesar 41.9% terhadap variabel pembelian impulsif pada marketplace. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membawa kontribusi mengenai variabel serupa pada penelitian berikutnya.


 


Kata Kunci: Motivasi belanja hedonis, marketplace, pembelian impulsif, konsumen, produk fashion


 


Klasifikasi JEL: D100, M31, L67

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Mustika, W., Kurniawati, M., & Permata Sari, M. (2022). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Kategori Produk Fashion Online Pada Marketplace. Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis, 21(1), 141–151. https://doi.org/10.31253/pe.v21i1.1796
Bagian
Articles

Abstract views: 1535 / PDF downloads: 1403