The Influence of Online Customer Reviews and Online Customer Ratings on Purchasing Decisions Product electronics in the Shopee marketplace for the Karawang Regency Community

Penulis

  • Aries Budiman Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nelly Martini Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31253/pe.v21i2.1823

Kata Kunci:

Online customers Reviews, Online _ Customers Ratings, Buying Decision

Abstrak

Penelitian ini bertujuan/tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis, menjelaskan ulasan pelanggan online tentang penjualan produk elektronik di marketplace shoppee, penilaian pelanggan online tentang penjualan produk elektronik di marketplace shoppee, keputusan pembelian produk elektronik di marketplace shoppee, hubungan antara review pelanggan online dengan penilaian pelanggan online pada penjualan produk elektronik di marketplace shopee, pengaruh review pelanggan online parsial terhadap keputusan pembelian produk elektronik di marketplace shopee, pengaruh perangsang antara review pelanggan online dan penilaian pelanggan online pada keputusan membeli produk elektronik di marketplace shoppee. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif serta pengambilan sampel menggunakan teknik Malhotra sampling yang menghasilkan sampel sebanyak 115 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis skala Likert dan analisis jalur dengan bantuan metode sequential interval (MSI), Microsoft Office, dan SPSS versi 26.0. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, penelitian ini membuktikan itu. Koefisien korelasi antara variabel Online Customer Review dan Online Customer Rating diperoleh nilai sebesar 0,661 yang artinya cukup kuat, positif dan signifikan antara online customer review dan online customer rating. pengaruh parsial ulasan pelanggan online terhadap keputusan pembelian memiliki nilai sebesar 27,8%. Pengaruh peringkat pelanggan online terhadap keputusan pembelian memiliki nilai sebesar 42,0%. Pengaruh simultan antara online customer review dan online customer rating adalah sebesar 69,8% sedangkan sisanya sebesar 30,2% merupakan variabel lain yang tidak diteliti.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-05-02

Cara Mengutip

Budiman, A., & Martini , N. (2023). The Influence of Online Customer Reviews and Online Customer Ratings on Purchasing Decisions Product electronics in the Shopee marketplace for the Karawang Regency Community. Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis, 21(2), 82–92. https://doi.org/10.31253/pe.v21i2.1823