PENGARUH E-WOM, CELEBRITY ENDORSER DAN WEBSITE QUALITY TERHADAP IMPULSIVE BUYING BEHAVIOR KONSUMEN DI PLATFORM E-COMMERCE SHOPEE SURABAYA

Penulis

  • Shaveli Yuwono Universitas Ciputra Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31253/pe.v22i1.2329

Kata Kunci:

e-WOM, celebrity endorser, website quality, impulsive buying

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh e-WOM, celebrity endorser dan website quality terhadap impulsive buying behavior konsumen Shopee di Surabaya. Penelitian ini menggunakan pengujian hipotesis yaitu kuantitatif kausal. Populasi yang digunakan adalah konsumen Shopee yang berdomisili di Surabaya. Sampel dalam penelitian adalah Generasi Z yang berusia 17 – 26 tahun dan pernah melakukan transaksi pembelian tidak terencana di Shopee. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-WOM, celebrity endorser dan website quality berpengaruh secara signifikan terhadap impulsive buying behavior konsumen Shopee. Peneliti mendapatkan bahwa konsumen generasi Z cenderung memperhatikan celebrity endorser yang digunakan oleh perusahaan. Terdapat berbagai hambatan ketika menggunakan Shopee seperti adanya gangguan pada website dan aplikasi sehingga Shopee sebaiknya terus melakukan perbaikan terhadap kelancaran website dan aplikasinya. Keterbatasan penelitian ini adalah limitasi daerah yaitu Surabaya dan usia responden sebagai Generasi Z.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-04

Cara Mengutip

Yuwono, S. (2024). PENGARUH E-WOM, CELEBRITY ENDORSER DAN WEBSITE QUALITY TERHADAP IMPULSIVE BUYING BEHAVIOR KONSUMEN DI PLATFORM E-COMMERCE SHOPEE SURABAYA. Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis, 22(1), 13–26. https://doi.org/10.31253/pe.v22i1.2329