PENGARUH PROKRASTINASI DAN LEADERSHIP TRAITS TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN DENGAN KOMUNIKASI ASERTIF SEBAGAI PEMODERASI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Produktivitas kerja karyawan penting dalam pertumbuhan sebuah perusahaan. Perusahaan yang maju memiliki pemimpin yang kompeten, yang mampu membangun komunikasi yang baik dengan karyawannya. Tujuan dari penelitian ini mengkaji bagaimana pengaruh variabel prokrastinasi dan leadership traits terhadap produktivitas kerja karyawan yang dimoderasi oleh komunikasi asertif. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Structural Equation Modelling dengan bantuan Software Smart PLS. Metode Hair digunakan untuk menentukan jumlah sampel, dan 159 responden dihasilkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prokrastinasi dan leadership traits memengaruhi produktivitas kerja karyawan secara langsung, dan komunikasi asertif sebagai variabel moderating memengaruhi produktivitas kerja karyawan baik secara langsung maupun tidak langsung. Implikasi pada perusahaan, jika ingin meningkatkan produktivitas karyawan, maka perusahaan perlu menurunkan tingkat prokrastinasi dan membangun pemimpin yang memiliki leadership traits yang baik, diikuti dengan pola komunikasi asertif yang perlu dikembangkan di setiap level jabatan.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Abstract views: 0 / PDF downloads: 5