Pelatihan Sentimen Analisis dengan Menggunakan Python siswa-siswi di SMA Buddhi Tangerang

Main Article Content

Authors

    Susanto Hariyanto( 1 ) Desiyanna Lasut( 2 ) Ramona Dyah Safitri( 3 ) Rino Rino( 4 ) Indah Fenriana( 5 ) Fernando Christian( 6 ) Fellix velistin( 7 ) Naia Putri Tanjung( 8 )

    (1) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (2) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (3) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (4) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (5) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (6) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (7) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (8) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia

Abstract

Kegiatan pengabdian ini yaitu memberikan pelatihan kepada siswa-siswi di SMA Buddhi untuk membuat program sederhana menggunakan bahasa pemrograman Python. Pelatihan ini dibuat dengan tujuan untuk memperkenalkan pemrograman kepada para siswa-siswi SMA Buddhi sehingga diharapkan dapat memunculkan minat untuk belajar coding/pemrograman lebih lanjut. Pada pelatihan ini para siswa-siswi dapat belajar dan mencoba membuat coding/pemmrograman sendiri. Pelatihan dilakukan sebanyak 2 sesi. Program yang dibuat yaitu program sederhana untuk memahami maksud emosional dari sekumpulan teks dalam suatu kalimat, apakah itu termasuk positif, negatif atau netral, atau disebut juga dengan sentimen analisis, dengan algoritma yang digunakan yaitu Naïve Bayes. Berdasarkan hasil dari kuesioner 97,7% responden menyatakan bahwa materi yang disampaikan itu menarik, 69,8% dari peserta ternyata sudah mengenal atau bahkan sudah pernah belajar coding/pemrograman sebelumnya dan 65,1% peserta tertarik untuk belajar coding/pemrograman lebih lanjut. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sebagian besar dari para peserta sudah mengenal pemrograman dan juga banyak yang berminat untuk mempelajari pemorgraman lebih lanjut.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hariyanto, S., Lasut, D., Dyah Safitri, R., Rino, R., Fenriana, I., Christian, F. ., velistin, F. ., & Tanjung, N. P. . (2023). Pelatihan Sentimen Analisis dengan Menggunakan Python siswa-siswi di SMA Buddhi Tangerang. Abdi Dharma, 3(2), 199–208. https://doi.org/10.31253/ad.v3i2.2216
Section
Articles

Abstract views: 87 / PDF downloads: 62

Most read articles by the same author(s)