Pengenalan Wirausaha Kepada Remaja (Gen Z) pada Sekolah Dian Bangsa

Main Article Content

Authors

    Diana Silaswara( 1 ) Berlin Silaban( 2 ) Benyamin Melatnebar( 3 ) Sabam Simbolon( 4 ) Rina Aprilyanti( 5 ) Galuh Kusuma Hapsari( 6 ) Fx. Pudjo Wibowo( 7 )

    (1) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (2) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (3) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (4) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (5) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (6) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (7) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia

Abstract

Ketimpangan jumlah pekerja dan kesempatan kerja di Indonesia menyebabkan banyak penduduk usia produktif yang menganggur. Pemerintah saat ini sangat menyarankan untuk membuka usaha bagi usia produktif dibandingkan bekerja di sektor formal, dan itu sangat sesuai dengan karakteristik gen Z yang kurang suka bekerja di bidang formal atau perkantoran. Berdasarkan hal tersebut, SMA Dian Bangsa bekerja sama dengan Universitas Buddhi Dharma sepakat untuk memberikan pelatihan kewirausahaan khususnya pengenalan bisnis dan pembuatan rencana bisnis. Pelatihan dilaksanakan selama dua hari dengan melibatkan delapan pembicara selama dua hari dengan dua materi setiap harinya. Metode pelatihan yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan tanya jawab, tanpa melakukan pegukuran (pemberian kuesioner) baik sebelum dan sesudah. Pelaksanaan pelatihan ini dilakukan selama dua hari (dua kelas dengan materi berbeda per jam). Dari hasil tanya jawab diperoleh informasi bahwa terdapat beberapa mahasiswa yang pernah melakukan kegiatan wirausaha atau bisnis bersama rekannya. Dan pelatihan ini bisa dibilang berhasil karena antusias dari para mahasiswa yang mengikuti pelatihan mengenai pengenalan bisnis ini dan aktifnya diskusi yang diadakan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Silaswara, D., Berlin Silaban, Benyamin Melatnebar, Sabam Simbolon, Rina Aprilyanti, Galuh Kusuma Hapsari, & Fx. Pudjo Wibowo. (2024). Pengenalan Wirausaha Kepada Remaja (Gen Z) pada Sekolah Dian Bangsa. Abdi Dharma, 4(1), 83–92. https://doi.org/10.31253/ad.v4i1.2675
Section
Articles

Abstract views: 26 / PDF downloads: 17

Most read articles by the same author(s)