Pendidikan Keagamaan Buddha sebagai Wujud Pendidikan Keluarga pada Umat Buddha Vihara Asoka Arama, Denpasar, Bali

Main Article Content

Authors

    Lianah The( 1 ) Ida Ayu Gde Yadnyawati( 2 ) Muljadi( 3 ) Isomudin( 4 ) Adrian ( 5 )

    (1) STAB Nalanda | Indonesia
    (2) STAB Nalanda | Indonesia
    (3) STAB Nalanda | Indonesia
    (4) STAB Nalanda | Indonesia
    (5) STAB Nalanda | Indonesia

Abstract

Kebutuhan manusia tidak hanya sekedar sandang, pangan dan papan, namun pendidikan keluarga juga merupakan kebutuhan dasar setiap orang. Manusia yang mempunyai ilmu yang baik maka akan mempunyai perkembangan mental yang baik pula. Sivitas akademika dan mahasiswa STAB Nalanda yang melakukan pengabdian masyarakat (PKM) di Pura Asoka Arama berjumlah 10 orang. Tujuan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di Pura Asoka Arama adalah untuk mendukung pengembangan moral dalam pendidikan karakter melalui pendidikan agama khususnya untuk pendidikan keluarga. Implikasi atau kontribusi dari pengabdian ini adalah terbentuknya konsep pendidikan keluarga dalam perspektif Budha, serta memperkaya wawasan Buddha Dharma bagi umat Buddha di Indonesia. Siswa antusias mendengarkan penjelasan materi yang diberikan. Antusiasme mahasiswa terus berlanjut saat mengajukan pertanyaan seputar demonstrasi. Para orang tua yang mengikuti kebaktian juga antusias mendengarkan Dhammadesana (berbagi pendidikan agama) dari pendakwah. PKM ini dinilai efektif karena tingkat minat siswa terhadap materi tersebut cukup tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
The, L. ., Gde Yadnyawati, I. A., Muljadi, Isomudin, & Adrian. (2024). Pendidikan Keagamaan Buddha sebagai Wujud Pendidikan Keluarga pada Umat Buddha Vihara Asoka Arama, Denpasar, Bali. Abdi Dharma, 4(1), 31–42. https://doi.org/10.31253/ad.v4i1.2802
Section
Articles

Abstract views: 125 / PDF downloads: 192