IMPLEMENTASI DATA MINING PADA STRATEGI POLA PENJUALAN ALAT TULIS KANTOR DENGAN ALGORITMA APRIORI

Authors

  • Antonio Arias Universitas Buddhi Dharma
  • Desiyanna Lasut Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Pada era digital ini, Teknologi cukup berpengaruh terhadap bidang pemasaran, baik pasar kelas atas maupun pasar kelas menengah ke bawah. Dan teknologi digital mempunyai peran untuk mencapai tujuan pemasaran. Ketika dalam melakukan bisnis pemasaran, tentu ada beberapa strategi pemasaran yang harus dilakukan agar bisnis yang dijalankan oleh seorang pengusaha dapat mendapatkan banyak keuntungan. Sistem persediaan barang pada toko yang menjual Alat tulis kantor (ATK) menyediakan barang seperti pulpen, tipe-x, pensil, penghapus dan lain-lain, terkadang para pelanggan tidak hanya membeli 1 produk saja, melainkan beberapa barang sekaligus dalam 1 kali transaksi. Namun transaksi yang dilakukan oleh hanya 1 pelanggan saja belum bisa menentukan strategi pemasaran yang tepat agar produk tersebut dapat dibeli secara bersamaan pada orang-orang awam, teknik data mining dengan algoritma apriori dapat mengatasi permasalahan waktu dan tenaga dalam mengelola semua transaksi pelanggan, dan juga dapat memberikan hasil yang lebih akurat. Untuk menganalisa transaksi tersebut, diperlukannya data sekunder yang sumbernya berasal dari situs kaggle dan kemudian data diambil berdasarkan atribut yang diperlukan, sehingga membentuk beberapa data transaksi alat tulis kantor. Pola penjualan kombinasi item alat tulis kantor ditentukan berdasarkan nilai support dan nilai confidence, sehingga berdasarkan hasil yang diperoleh nilai confidence terbesar pada kombinasi item desk dengan pencil dapat mencapai nilai 100% dengan support item pencil sebesar 83% berdasarkan program netbeans. Sehingga item pencil dengan kombinasi bersama item desk dapat menjadi acuan dalam strategi pola penjualan alat tulis kantor untuk menarik minat pelanggan yang lebih banyak lagi.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-10-27