ANALISIS DAN PERANCANGAN E-COMMERCE BERBASIS WEB PENJUALAN DAN STOK BARANG MARKET DIGITAL PADA PT. MAHAJAYA PLASTINDO INDONESIA MENGGUNAKAN METODE SIMPLE MOVING AVERAGE
Abstract
Penggunaan teknologi komputer zaman sekarang sangat diperlukan diberbagai sektor dalam berbisnis pekerjaan manusia dengan penggunaan hardware dan software saling berkesinambungan. Permasalahan yang terjadi pada PT. Mahajaya Plastindo Indonesia yaitu penjualan konvensional terjadinya kurang efektif dan efisien pada sistem berjalan pada perusahaan. Dalam pemesanan produk hanya pemesanan melalui telepon atau email, tidak ada sistem yang bisa menangani transaksi pembelian, untuk itu.perusahaan membutuhkan sebuah alat bantu berteknologi yaitu sistem E-Commerce dalam sebuah pembelian dengan melihat riwayat data penjualan periode (bulan) sebelumnya. Dalam perancangan sistem ini juga diterapkan metode penelitian yang akan digunakan yaitu Moving Average. Metode ini akan dapat membantu pihak perusahaan untuk memprediksi traffic penjualan untuk periode selanjutnya, berdasarkan periode sebelumnya. Adapun dilakukan perhitungan dengan dataset penjualan tahun 2021, dimana diperoleh hasil bahwa pada bulan Maret diperkirakan merupakan bulan yang penjualannya paling sedikit diangka 100,33, sedangkan bulan desember merupakan bulan dengan tingkat penjualan produk tertinggi yaitu diangka 124,33.