PENERAPAN ALGORITMA APRIORI PADA PENGOLAHAN DATA MINING UNTUK MENGETAHUI POLA PEMBELIAN KONSUMEN PD. LUCKY METAL PART
Abstract
PD. Lucky Metal Part merupakan sebuah perusahaan dagang yang melayani permintaan
konsumen dengan produk baut khusus motor yang membutuhkan pendekatan dalam melakukan
promosi. Menganalisis perilaku pembelian konsumen dapat membantu perusahaan dalam
membuat paket bundling supaya promosi dapat tepat sasaran. Untuk melakukan proses analisis
data transaksi membutuhkan suatu sistem sehingga dapat diproses dengan cepat jika dilakukan
dengan manual akan menghabiskan waktu yang lebih banyak. Dengan demikian, dilakukan
sebuah penelitian untuk merancang sebuah aplikasi data mining yang berbasis web yang dapat
menemukan perilaku pembelian konsumen dengan algoritma apriori. Tujuan dari penelitian ini
adalah menerapkan data mining dan membangun pola kombinasi barang dari data transaksi
dengan memanfaatkan algoritma apriori pada pola pembelian di PD. Lucky Metal Part yang
diharapkan dapat membantu PD. Lucky Metal Part dalam memahami pola pembelian konsumen.
Setelah melalui berbagai proses untuk memahami bisnis serta melakukan perancangan untuk
membuat sebuah rancangan aplikasi yang berbasis web. Dataset yang telah dikumpulkan
kemudian dilakukan pengambilan data sampel secara random untuk proses perhitungan manual.
Aplikasi yang dihasilkan akan melakukan proses analisis pola pembelian konsumen dari data
transaksi, dengan cara menetapkan rentang tanggal terjadinya transaksi untuk dapat segera
diolah, serta menentukan seberapa besar nilai minimum support dan minimum confidence yang
diinginkan.