IMPLEMENTASI METODE ALGORITMA NAIVE BAYES UNTUK MEMPREDIKSI CUSTOMER CHURN PADA BISNIS USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH

Penulis

  • Stephen - Universitas Buddhi Dharma
  • Desiyanna Lasut Universitas Buddhi Dharma

Abstrak

Perusahaan UMKM biasanya memiliki data pelanggan yang mereka beli dengan maksud dalam
membangun ikatan yang memberikan keuntungan dari masing-masing pelanggan dan
perusahaan, tetapi data pelanggan yang sering tidak di organisir dan dianalisis dengan teliti,
sehingga pelanggan meninggalkan atau dapat tidak berlangganan dari satu perusahaan atau
akan pindah ke perusahaan lainnya. Menganalisa prediksi dalam kehilangan pelanggan
(customer churn) memerlukan model algoritma yang bisa melakukan prediksi kehilangan
pelanggan secara akurat. Dalam menentukan hasil prediksi tersebut suatu usaha melakukan
analisa memakai teknik data mining dengan menggunakan algoritma Naive Bayes sehingga
suatu usaha dapat melakukan tindakan preventif. Data latih dan testing diperlukan untuk
memasukan ke dalam pemodelan naïve bayes untuk memberi hasil dengan akurasi 84,95% dan
AUC 83,20%. Dari akurasi dan AUC ini sebagai tanda hasil Interpretasi dengan nilai yang
dilakukan yaitu dalam titik “Baik”. Naïve bayes membuktikan bisa memprediksi kemungkinan
customer churn berdasarkan data dan klasifikasi sehingga hasilnya bisa mendukung menjadi
keputusan bisnis.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-24