PENERAPAN DATA MINING UNTUK PENENTUAN PAKET PENJUALAN PRODUK PECAH BELAH MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS: TOKO SUMBER CAHAYA)

Penulis

  • Juandi Setiawan Universitas Buddhi Dharma
  • Hartana Wijaya Universitas Buddhi Dharma

Kata Kunci:

Data Mining, Penentuan Paket Penjualan, Algoritma Apriori

Abstrak

Pada era digital sekarang ini, pemanfaatan teknologi sangat berpengaruh terhadap bidang usaha dalam hal pemasaran, baik pasar kelas bawah maupun kelas menengah keatas. Dan teknologi digital saat ini sangat berperan penting untuk tercapainya tujuan pemasaran. Data Mining telah banyak diimplementasikan diberbagai bidang usaha salah satunya didalam bidang usaha pecah belah. Pemilik toko dapat mengetahui pola pembelian produk yang dijualnya dengan menggunakan data mining dengan algoritma apriori untuk mengolah data penjualan produknya. Proses aplikasi dimulai dari mencari nilai support dari tiap item produk dan kombinasi antara produk, dari hasil pencarian nilai support dan kombinasi antara produk kemudian dicari nilai confidence untuk tiap kombinasi. Setiap kombinasi yang memenuhi nilai minimum support dan nilai minimum confidence akan menjadi sebuah aturan asosiasi. Aturan asosiasi yang dihasilkan digunakan sebagai informasi mengenai produk pecah belah yang paling banyak terjual selama waktu yang ditentukan. Dan hasil implementasi data mining ini akan membantu pemilik toko dalam pengambilan keputusan terhadap ketersediaan stock yang memiliki nilai tertinggi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-26

Terbitan

Bagian

Articles