PERAWATAN DAN PERBAIKAN SISTEM PENDINGIN MESIN INDUK PADA KAPAL PERIKANAN
Kata Kunci:
Mesin diesel, Sistem Pendingin, Heat Exchanger, Motor Diesel, Dinas JagaAbstrak
Mesin diesel adalah salah satu jenis motor bakar torak, yang pembakaran bahan bakarnya terjadi akibat adanya tekanan udara yang tinggi di dalam ruang bakar. Motor diesel proses pembakaran menghasilkan energi panas dan menaikkan tekanan yang tinggi di dalam silinder, tekanan tersebut untuk dirubah menjadi energi mekanik pada poros engkol. maka diperlukan sistem pendingin pada mesin induk. Sistem pendingin adalah salah satu sistem yang berfungsi menjaga temperatur mesin pada suhu tertentu sesuai dengan desain yang ditentukan agar mesin diesel dapat beroperasi secara berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara kerja sistem pendingin kapal, untuk mengetahui cara perawatan sistem pendigin kapal, untuk mengetahui gangguan yang terjadi pada sistem pendingin dan melakukan perbaikan. Adapun cara kerja sistem pendingin di KM Sumber Fortuna menggunakan sistem pendingin secara tidak langsung / tertutup dengan menggunakan heat exchanger sebagai tempat media penukar bejana panas dengan mensirkulasikan air tawar ke seluruh mesin untuk membuang panas yang timbul akibat terjadi pembakaran dan gesekan di dalam mesin. Cara perawatan dilakukan dengan dinas jaga selama 4 jam, dinas jaga yang dilakukan adalah mengecek semua komponen mesin di KM Sumber Fortuna. Sedangkan kerusakan terjadi pada pipa hisap air laut yang telah mengalami kebocoran di bagian pengikat pipa dan dilakukan pengganti pipa yang bocor dengan cara memotong pipa atau selang yang baru dan melakukan mengclamp pipa / selang tersebut di sisi hisap heat excanger.