Analisis Harga Pokok Produksi (Hpp) Dan Biaya Pemasaran Terhadap Peningkatan Laba Pada PT. Winata Pratama Indonesia

Authors

  • Ilhan Ilhan Universitas Buddhi Dharma
  • Yuriyandhi Yuriyandhi Universitas Buddhi Dharma

DOI:

https://doi.org/10.31253/aktek.v11i1.263

Keywords:

Harga Pokok Produksi, Biaya pemasaran, Peningkatan laba

Abstract

Perhitungan harga pokok produksi dengan menggunakan metode full costing merupakan suatu informasi biaya pada umumnya yang sangat dibutuhkan untuk menentukan harga pokok produksi dan penetapan harga jual. Biaya produksi merupakan unsur yang besar jumlahnya. Mengingat pentingnya harga pokok produksi dan harga jual pada perusahaan, maka pengelolaan perusahaan harus bisa mengendalikan biaya produksi untuk menghitung harga jual yang di nilai wajar oleh konsumen. Serta meminimalkan biaya-biaya yang kiranya tidak menambah nilai.

       Adapun metode penelitian yang digunakan penulis, yaitu metode pengumpulan data dengan studi lapangan dan studi kepustakaan. Metode studi ke lapangan dengan melakukan penelitian langsung ke perusahaan agar dapat memperoleh data yang sebenarnya dan dapat melakukan wawancara langsung kepada narasumber dan penjelasan data yang diberikan. Sedangkan studi kepustakaan dilakukan dengan cara membaca, mencatat dan mempelajari buku-buku yang akan membantu penulis dalam melakukan penelitian.

            Berdasarkan hasil dan interpretasi penelitian dapat dilihat bahwa PT. Winata Pratama Indonesia telah melakukan perhitungan biaya produksi yang tepat karena perusahaan telah menggunakan metode full costing dan pembebanan biaya sudah sesuai dengan Prinsip Akuntansi Berlaku Umum (PABU) yang ada di indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-07-24

How to Cite

Ilhan, I., & Yuriyandhi, Y. (2019). Analisis Harga Pokok Produksi (Hpp) Dan Biaya Pemasaran Terhadap Peningkatan Laba Pada PT. Winata Pratama Indonesia. AKUNTOTEKNOLOGI, 11(1), 13–25. https://doi.org/10.31253/aktek.v11i1.263