The Pengaruh Pengetahuan Pajak, Kesadaran Pajak, dan Sosialisasi Pajak atas Pengenaan Pajak Pertambahan Nilai terhadap Kepatuhan Pajak Pengguna E-Commerce

Penulis

  • Olivia Susanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tarumanagara
  • Estralita Trisnawati, S.E., Ak., M.Si., Dr., BKP. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tarumanagara

DOI:

https://doi.org/10.31253/aktek.v16i2.3446

Kata Kunci:

E-commerce, Pengetahuan Pajak, Kesadaran Pajak, Sosialisasi Pajak, Kepatuhan Pajak

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari pengetahuan pajak, kesadaran pajak, dan sosialisasi pajak atas pengenaan pajak pertambahan nilai terhadap kepatuhan pajak pengguna e-commerce. Sampel yang diambil dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner google form yang mengacu pada metode purposive sampling pada pengguna e-commerce yang ada di Universitas Tarumanagara dengan kriteria yang dipilih antara lain merupakan seorang mahasiswa jurusan Akuntansi Bisnis, tahun angkatan 2021, dan merupakan pengguna platform e-commerce Shopee dan Tokopedia. Metode analisis yang diterapkan pada penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan alat bantu aplikasi yaitu SPSS versi 29 dan Microsoft Excel 365. Penelitian ini membuktikan bahwa pengetahuan pajak, kesadaran pajak, dan sosialisasi pajak atas pengenaan pajak pertambahan nilai berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan pajak pengguna e-commerce.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-19

Cara Mengutip

Susanti, O., & Trisnawati, E. (2024). The Pengaruh Pengetahuan Pajak, Kesadaran Pajak, dan Sosialisasi Pajak atas Pengenaan Pajak Pertambahan Nilai terhadap Kepatuhan Pajak Pengguna E-Commerce. AKUNTOTEKNOLOGI : JURNAL ILMIAH AKUNTANSI DAN TEKNOLOGI, 16(2), 143–156. https://doi.org/10.31253/aktek.v16i2.3446