Pengaruh Ukuran Perusahaan, Capital Intensity terhadap Tax Avoidance dengan Variabel Opinion Shooping Sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Manufaktur di BEI
DOI:
https://doi.org/10.31253/aktek.v13i1.711Kata Kunci:
tax avoidance, opinion shoping, capital intensity, ukuran perusahaan,Abstrak
Penelitian ini untuk mengetahui dan mengukur pengaruh variabel ukuan perusahaan, capital intensity pada tax avoidance dengan variabel opinion shooping sebagai variabel intervening. Metode penelitian yang digunakan dengan menggunakan sampel data perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia. Dengan uji statistik deskriptif, asumsi klasik dan hipotesa serta menggunakan variabel intervening untuk uji kelayakan model dan menggunakan softwae aplikasi statistik STATA. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan variabel opinion shoping sebagai variabel intervening hasilnya ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance kemudian capital intensity berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance serta uji kelayakan model yang terbaik adalah Fixed Effect (FE).