Perancangan Alat Pengukur Kualitas Air untuk Pembuatan Es Balok di PT Eskara Jaya Utama Menggunakan Arduino dengan Metode Logika Fuzzy

  • Vinny Herian Universitas Buddhi Dharma
  • Desiyanna Lasut Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah menghasilkan teknologi nirkabel telah menjadi sesuatu yang popular saat ini diseluruh dunia. Teknologi ini telah digunakan pada sebagian besar bidang kehidupan sebagai bentuk perkembangan dan kemajuan peradaban manusia, yang salah satunya untuk mendukung sistem pengukur kualitas air bersih pada industri es balok. Air bersih dikatakan layak apabila memenuhi beberapa persyaratan fisik, kimiawi dan persyaratan mikrobiologis. Klarifikasi yang ada pada saat ini biasanya hanya sebatas melihat air tersebut. Uji kualitas tersebut menjadi tolak ukur dalam penentuan air bersih sebagai bahan baku pembuatan es balok. Pada penelitian ini, akan di lakukan yaitu merancang sebuah alat menggunakan Arduino Nano dan 3 (tiga) buah sensor atau parameter yang digunakan, yaitu sensor pH, sensor kekeruhan dan sensor suhu, yang mana hasil dari pembacaan sensor akan di tampilkan diaplikasi android dengan komunikasi data melalui Bluetooth HC-05. Tahap pengerjaan dimulai dengan memprogram mikrokontroler dengan bantuan metode fuzzy logic menggunakan program arduino IDE, serta sistem kendali mikrokontrolernya akan menggunakan bahasa pemrograman C. Hasil dari sensor yang telah dibaca akan menampilkan nilai dan status kondisi air ke aplikasi, juga memberikan arahan pemberian obat kimiawi tertentu yang nanti jenisnya tergantung dari hasil kondisi air pada saat itu sehingga meminimalisirkan kegagalan saat pembuatan air.

Published
2019-10-21
How to Cite
HERIAN, Vinny; LASUT, Desiyanna. Perancangan Alat Pengukur Kualitas Air untuk Pembuatan Es Balok di PT Eskara Jaya Utama Menggunakan Arduino dengan Metode Logika Fuzzy. ALGOR, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-8, oct. 2019. ISSN 2715-0577. Available at: <https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/algor/article/view/219>. Date accessed: 02 apr. 2020.