Pendugaan Kredit Macet Pada Koperasi Simpan Pinjam Flamboyan Binaan PPSW Jakarta Dengan Menggunakan Komparasi Algoritma Naïve Bayes dan C4.5

  • Renaldi - Universitas Buddhi Dharma
  • Yusuf Kurnia Universitas Buddhi Dharma
  • Ellysha Dwiyanthi Kusuma Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Data mining sering kali digunakan dalam bidang keuangan salah satunya adalah koperasi. Menurut UU no 25 tahun 1992, yang dimaksud dengan Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan pada asas kekeluargaan. Peraturan Menteri koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Permen Kop & UMKM) Nomor 15/Per/M.KUKM/IX/2015 yang menyebutkan bahwa modal sendiri KSP itu terdiri dari simpanan pokok, simpanan wajib, cadangan yang disisihkan dari sisa hasil usaha, hibah dan simpanan lain yang memiliki karakteristik sama dengan simpanan wajib. Salah satu hal yang perlu diperhatikan yaitu mengenai pemberian kredit atau peminjaman dalam koperasi Flamboyan, yang dalam penelitian ini banyak terjadi pengkreditan macet yang terjadi di koperasi Flamboyan. Dengan memakai teknik Data Mining data yang banyak tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal. Dari permasalahan diatas dapat diatasi dengan memanfaatkan Teknik data mining yaitu Pendugaan Kredit Macet Pada Koperasi Simpan Pinjam Flamboyan Binaan PPSW Jakarta Dengan Memakai Komparasi Algoritma Naive Bayes dan C4.5. Algoritma yang dipakai ke dalam sistem adalah hasil terbaik dari komparasi Naive Bayes dan C4.5 berdasarkan dari data koperasi Flamboyan. Hasil yang didapatkan dari pengolahan data komparasi antara algoritma Naïve Bayes dan C4.5 dengan memakai dataset yang berjumlah 2282 data transaksi didapat hasil akurasi dari algoritma Naïve Bayes sebesar 69.19% dan algoritma C4.5 sebesar 71.87%, berdasarkan dari hasil akurasi menyatakan bahwa algoritma C4.5 lebih unggul dari algoritma Naïve Bayes. Maka hasil dari pohon keputusan C4.5 diterjemahkan kedalam sistem pendugaan kredit macet pada koperasi Flamboyan.

Published
2020-11-05
How to Cite
-, Renaldi; KURNIA, Yusuf; KUSUMA, Ellysha Dwiyanthi. Pendugaan Kredit Macet Pada Koperasi Simpan Pinjam Flamboyan Binaan PPSW Jakarta Dengan Menggunakan Komparasi Algoritma Naïve Bayes dan C4.5. ALGOR, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 66-74, nov. 2020. ISSN 2715-0577. Available at: <https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/algor/article/view/467>. Date accessed: 25 jan. 2021.