Penerapan Data Mining Untuk Merekomendasikan Seri Produk NAS Kepada Calon Konsumen Toko Storage Menggunakan Algoritma Multinomial Naïve Bayes

Penulis

  • Fernando Verdy Sunata Universitas Buddhi Dharma
  • Susanto Hariyanto Universitas Buddhi Dharma
  • Dicky Surya Dwi Putra Universitas Buddhi Dharma
  • Hartana Wijaya Universitas Buddhi Dharma

DOI:

https://doi.org/10.31253/algor.v4i1.1498

Kata Kunci:

Data Mining, Multinomial Naïve Bayes, Network Attached Storage

Abstrak

Toko Storage merupakan nama dagang yang digunakan oleh PT. Distributor Trimitra Indonesia untuk menjual berbagai macam produk NAS (Network Attached Storage). Banyaknya produk NAS yang dijual dengan harga dan spesifikasi yang berbeda-beda, terkadang membuat bingung bahkan membuat calon konsumen kesulitan dalam memilih produk NAS yang tepat. Sehingga tidak jarang dari mereka yang bertanya mengenai rekomendasi NAS kepada admin toko. Proses pemberian rekomendasi dilakukan melalui sesi tanya jawab terkait dengan kebutuhan NAS. Proses pemberian rekomendasi terkadang memakan waktu yang lama karena harus menunggu jawaban dari calon konsumen. Karena itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk merancang sebuah sistem yang mampu memberikan rekomendasi seri produk NAS kepada calon konsumen dengan menerapkan metode data mining dan algoritma multinomial naïve bayes (MNB). Hasil dari penerapan metode dan algoritma yang digunakan terbukti berhasil diimplementasikan pada data yang digunakan, hal ini dibuktikan dari hasil pengujian dan evaluasi yang dilakukan menggunakan bantuan aplikasi Weka yang menghasilkan nilai akurasi sebesar 95,5556%. Hasil akhir dari penelitian ini berupa rancangan sistem rekomendasi seri produk NAS berbasis web yang dapat digunakan oleh pengguna untuk mendapatkan rekomendasi seri produk NAS secara cepat dan tepat, hanya dengan memasukan kriteria NAS yang dicari.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2022-09-15

Cara Mengutip

Sunata, F. V., Hariyanto, S., Dwi Putra, D. S., & Wijaya, H. (2022). Penerapan Data Mining Untuk Merekomendasikan Seri Produk NAS Kepada Calon Konsumen Toko Storage Menggunakan Algoritma Multinomial Naïve Bayes. ALGOR, 4(1), 44–55. https://doi.org/10.31253/algor.v4i1.1498