Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Penerapan Metode Algoritma Apriori Untuk Memprediksi Persediaan Stok Barang Berdasarkan Penjualan Berbasis Marketplace
DOI:
https://doi.org/10.31253/algor.v4i2.1511Kata Kunci:
Sistem Informasi, Data Mining, Algoritma Apriori, E-Commerce, Persediaan BarangAbstrak
Perkembangan sistem informasi saat ini, sangat membantu para pelaku usaha dalam menjalankan usaha dan bisnisnya, di dalam proses pengembangan dan pengelolaan usaha mereka. Persediaan barang merupakan hal yang paling terpenting dalam menjalankan sebuah bisnis. Persediaan barang harus mampu dikelola dengan baik dan benar supaya persediaan barang tidak menumpuk ataupun berlebih. Jika persediaan barang kurang maka konsumen akan kecewa, namun jika persediaan barang berlebih, maka akan terjadi penumpukan barang di gudang. Oleh karena itu seiring perkembangan sistem informasi saat ini kebutuhan akan informasi yang cepat, tepat dan akurat menjadi salah satu masalah dalam mengelola sebuah usaha. Dan karena itu, melalui kemajuan teknologi dapat diperoleh pemanfaatan data transaksi yang terjadi setiap harinya, dan diolah menjadi data yang bermanfaat bagi pemilik usaha. Algoritma apriori merupakan metode yang tepat untuk mencari nilai dari itemset dan kombinasi item yang mempunyai sebuah nilai keseringan berdasarkan kriteria yang diinginkan. Dengan metode algoritma apriori sistem yang dirancang ini mampu menemukan pola kombinasi barang dan itemset yang paling sering dibeli oleh konsumen. Sehingga, sistem dapat memberikan acuan mengenai barang-barang yang paling sering dibeli, dan pelaku usaha bisa menentukan produk yang harus ditambah persediaan barangnya, supaya dapat menjaga proses kelancaran bisnis.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Brean Ardanu, Muhammad Subhana, Riki Riki
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to the journal Algor, Universitas Buddhi Dharma as the publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases, and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic, and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with written permission from journal Algor.
journal Algor, the Editors, and the Advisory Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the journal Tech-E, Universitas Buddhi Dharma are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.