Implementasi Data Mining Untuk Menentukan Pola Pemilihan Kombinasi Menu Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus: The Coffee Theory)
Abstrak
The Coffee Theory adalah usaha yang berfokus pada penjualan kopi dan makanan yang mencari taktik promosi efektif untuk penjualannya. Selama ini The Coffee Theory hanya menyimpan data penjualan dalam aplikasi Moka tanpa mengetahui bahwa data penjualan tersebut dapat dianalisa dan dimanfaatkan. Data penjualan ini dapat membantu usaha ini dalam menentukan paket penjualan sehingga upaya promosi yang dijalankan akan lebih tepat sasaran. Secara manual, proses analisis pola pembelian pelanggan tentunya memerlukan lebih banyak waktu dan proses. Karena itu, dilakukan penelitian implementasi data mining untuk menentukan pola pemilihan kombinasi menu menggunakan algoritma apriori. Perancangan aplikasi yang bisa memahami pola pemilihan menu oleh pembelian pelanggan dengan metode Data Mining yaitu Algoritma Apriori untuk menghasilkan kaidah asosiasi untuk mengetahui seberapa berpengaruhnya suatu item mempengaruhi item lainnya. Dari proses analisis bisnis hingga tahap perancangan, dibangunlah sebuah aplikasi berbasis web dengan Algoritma Apriori. Dataset yang telah diperoleh dari dari The Coffee Theory diambilkan data sampel untuk melakukan proses hitungan secara manual dan proses hitungan dengan RapidMiner Studio, proses ini digunakan untuk mengetahui alur dari perhitungan dengan Algoritma Apriori agar dapat diimplementasikan pada aplikasi yang akan dibuat dengan baik dan benar. Aplikasi berbasis web yang dikembangkan ini menganalisis data transaksi dengan menerapkan rentang tanggal pada data yang harus dianalisis serta menetapkan nilai minimum support dan nilai minimum confidence yang diinginkan.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Setiawan Chandra, Hartana Wijaya
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to the journal Algor, Universitas Buddhi Dharma as the publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases, and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic, and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with written permission from journal Algor.
journal Algor, the Editors, and the Advisory Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the journal Tech-E, Universitas Buddhi Dharma are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.