Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Berbasis Web Pada CV. Rey Multi Rasa

Penulis

  • Ni Made Dwi Jayanti Made Universitas Buddhi Dharma
  • Verri Kuswanto Universitas Buddhi Dharma

DOI:

https://doi.org/10.31253/algor.v5i1.2364

Kata Kunci:

Sistem Informasi Pemesanan, e-CRM, Katering, RAD, Cv. Rey Multi Rasa

Abstrak

Setiap perusahaan memiliki strategi yang berbeda-beda untuk memberikan kualitas pelayanan yang terbaik bagi pelanggan maupun menggunakan strategi untuk mendapatkan pelanggan baru. CV. Rey Multi Rasa merupakan salah satu perusahaan katering yang bergerak di bidang jasa khususnya pesan menu makanan yang berlokasi di Tangerang yang berusaha memberikan pelayanan terbaik tanpa mengurangi kualitas, mutu dan kenyamanan pelanggannya. Salah satunya dengan menerapkan strategi Customer Relationship Management (CRM), oleh karena itu penulis ingin merancang sebuah sistem informasi electronic customer relationship management (e-CRM) berbasis website dengan menggunakan metode Rapid Application Development. Tujuan sistem ini dibangun untuk membuat sistem informasi electronic customer relationship management (e-CRM) untuk perusahaan sebagai pemasaran, pemesanan dan pelayanan pelanggan sesuai kebutuhan perusahaan. Rapid Application Development (RAD) merupakan strategi siklus hidup yang ditujukan untuk menyediakan pengembangan yang jauh lebih cepat dan mendapatkan hasil dengan kualitas yang lebih baik Sistem informasi ini dibangun dengan menggunakan metode Rapid Application Development (RAD). Hasil penelitian ini bahwa Sistem Informasi E-CRM ini dapat mempermudah dalam proses pemesanan catering bagi pelanggan dan mempemudah untuk merekap laporan penjualan, mampu mengatasi permasalah dan dapat menyajikan informasi secara lebih baik dan terkomputerisasi. Sistem E-CRM ini juga tersedia sarana untuk menampung keluhan atau klaim garansi pelanggan sehingga mudah bagi perusahaan untuk melakukan evaluasi kerja dan mengetahui tingkat kepuasan pelanggan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Verri Kuswanto, Universitas Buddhi Dharma

Dosen dari Universitas Buddhi Dharma Fakultas Sains dan Teknologi. Beliau memperoleh gelar Sarjana Komputer (S.Kom) dari STMIK Budhi pada tahun 2012. Dan melanjutkan Magister Manajemen Sistem Informasi (M.M.S.I) Program Pascasarjana di Universitas Bina Nusantara pada tahun 2014.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-28

Cara Mengutip

Made, N. M. D. J., & Verri Kuswanto. (2023). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Berbasis Web Pada CV. Rey Multi Rasa. ALGOR, 5(1), 66–81. https://doi.org/10.31253/algor.v5i1.2364