PENERAPAN AUGMENTED REALITY PADA APLIKASI PENGENALAN HEWAN KEPADA ANAK ANAK MENGGUNAKAN USER CENTERED DESIGN

Penulis

  • jeffrey halim jeffrey halim 20191100001
  • Edy Edy Universitas Buddhi Dharma

DOI:

https://doi.org/10.31253/algor.v5i1.2383

Kata Kunci:

augmented reality, android

Abstrak

Saat ini kita ada di era globalisasi hal ini berarti informasi menjadi semakin mudah untuk didapatkan dan juga semakin mudah untuk diakses. Salah satu alat yang dikembangkan untuk mengambil keuntungan dalam era ini adalah smartphone. dengan adanya smartphone kita dapat mengakses informasi dari mana saja dan kapan saja hal ini mengubah perkembangan teknologi karena bukan lagi smartphone dikembangkan untuk mencakup teknologi baru tetapi teknologi baru dikembangkan agar dapat digunakan oleh smartphone, Salah satu teknologi ini adalah augmented reality. Augmented reality bertujuan untuk menyatukan kenyataan dan dunia virtual dengan membawa barang virtual ke dunia nyata melalui layer smarphone kita hal ini sangat bagus karena augmented reality sangat bergua dalam berbagai hal. Walaupun berguna dalam berbagai hal augmented reality  masih jarang digunakan karena teknologi ini dapat dibilang teknologi baru yang masih dikembangkan, karena teknologi ini masih dapat dibilang baru kebanyakan orang antara melihat teknologi ini dan mengabaikannya atau bahkan tidak tau tentang teknologi ini . karena itu penelitian ini bertujuan untuk membawa kesadaran ke teknologi ini dengan membuat aplikasi pengenalan hewan menggunakan augmented reality. Penelitian ini merupakan penelitian perancangan aplikasi pembelajaran pengenalan hewa kepada anak anak menggunakan user centered design metode pada penelitian ini menggunakan metode survey dari responden yang berjumlah 6 responden dari SD Strada Santa Maria Tangerang berdasarkan hasil penelitian aplikasi android yang dihasilkan dikatakan responden cukup menarik walaupun terlihat sederhana.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-28

Cara Mengutip

halim, jeffrey, & Edy, E. (2023). PENERAPAN AUGMENTED REALITY PADA APLIKASI PENGENALAN HEWAN KEPADA ANAK ANAK MENGGUNAKAN USER CENTERED DESIGN. ALGOR, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.31253/algor.v5i1.2383