Meningkatkan Kemudahan Pelanggan Kafe Melalui Pengembangan Sistem Manajemen Berbasis Web

Penulis

  • Armando Verdian Universitas Buddhi Dharma
  • Riki Riki Universitas Buddhi Dharma

Abstrak

Perkembangan teknologi saat ini telah membawa dampak signifikan pada berbagai sektor industri, termasuk bisnis kafe. Pemilik usaha kafe menghadapi tantangan dalam menyediakan layanan yang cepat dan efisien untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Banyak kafe masih menggunakan sistem pemesanan manual yang dapat menyebabkan kesalahan dan memperlambat proses pelayanan. Untuk mengatasi masalah ini, dikembangkanlah sistem manajemen kafe berbasis web yang bertujuan untuk memberikan pelayanan yang lebih cepat dan nyaman bagi pelanggan serta memudahkan pengelola dalam mendata dan membuat laporan transaksi harian. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah prototype. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem ini mampu membuat proses pemesanan dan pelayanan menjadi lebih efisien dan optimal, bahkan dalam kondisi kafe yang ramai. Selain itu, sistem ini membantu pengelola kafe dalam mencatat dan menyimpan data transaksi secara aman.  Hal tersebut akan menghilangkan risiko kehilangan atau kerusakan data yang biasanya terjadi pada pencatatan manual menggunakan buku atau kertas.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-30

Cara Mengutip

Verdian, A., & Riki, R. (2024). Meningkatkan Kemudahan Pelanggan Kafe Melalui Pengembangan Sistem Manajemen Berbasis Web . ALGOR, 6(1), 100–113. Diambil dari https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/algor/article/view/3334