Meningkatkan Kemudahan Pelanggan Kafe Melalui Pengembangan Sistem Manajemen Berbasis Web
Abstrak
Perkembangan teknologi saat ini telah membawa dampak signifikan pada berbagai sektor industri, termasuk bisnis kafe. Pemilik usaha kafe menghadapi tantangan dalam menyediakan layanan yang cepat dan efisien untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Banyak kafe masih menggunakan sistem pemesanan manual yang dapat menyebabkan kesalahan dan memperlambat proses pelayanan. Untuk mengatasi masalah ini, dikembangkanlah sistem manajemen kafe berbasis web yang bertujuan untuk memberikan pelayanan yang lebih cepat dan nyaman bagi pelanggan serta memudahkan pengelola dalam mendata dan membuat laporan transaksi harian. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah prototype. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem ini mampu membuat proses pemesanan dan pelayanan menjadi lebih efisien dan optimal, bahkan dalam kondisi kafe yang ramai. Selain itu, sistem ini membantu pengelola kafe dalam mencatat dan menyimpan data transaksi secara aman. Hal tersebut akan menghilangkan risiko kehilangan atau kerusakan data yang biasanya terjadi pada pencatatan manual menggunakan buku atau kertas.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Armando Verdian
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to the journal Algor, Universitas Buddhi Dharma as the publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases, and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic, and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with written permission from journal Algor.
journal Algor, the Editors, and the Advisory Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the journal Tech-E, Universitas Buddhi Dharma are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.