Pengaruh Ukuran Perusahaan, Sales Growth, Kepemilikan Manajerial Dan Perencanaan Pajak Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Jasa Sektor Property & Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2016-2020)

Authors

  • Alviron Krisna Wijaya Universitas Buddhi Dharma
  • Etty Herijawati Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Total Aset, Saham Manajerial, Saham Beredar, Penjualan, Tax Retention Rate, Discretionary Accruals

Abstract

Dilakukan penelitian ini dengan tujuan melihat dampak ukuran perusahaan, sales growth, kepemilikan manajerial serta perencanaan pajak pada manajemen laba perusahaan Jasa Sektor Property & Real Estate yang tercatat di BEI. Masa studi penggunaan adalah 5 tahun, yaitu 2016-2020.

Model sampling yang dipergunakan yakni Purposive Sampling sehingga diperoleh sebanyak 9 perusahaan dari 50 perusahaan berdasarkan kriteria yang ada.  Dipergunakan data dengan jenis sekunder yang bersumber dari Website BEI.

Diperoleh hasil penelitian yakni perencamaan pajak berdampak pada manajemen laba secara signifikan. Sementara ukuran perusahaan, sales growth, serta kepemilikan manajeril tidak memberikan dampak pada manajemen laba. Sedangkan pada saat yang sama, seluruh variabel tidak memberikan dampak secara simultan.

Published

2022-06-16