Pengaruh Audit Tenure, Professional Fee, dan Ukuran Perusahaan terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Food & Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2021)

Authors

  • Dharma Dharma Universitas Buddhi Dharma
  • Etty Herijawati Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

ALudit Tenure, Professionall Fee, Ukuran Perusahaan, Kualitas Audit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang dihasilkan oleh Audit Tenure, Professional Fee, dan Ukuran Perusahaan terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Food &Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2021). Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data purposive sampling. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder. Teknik pengujian yang digunakan adalah uji statistik deskriptif, uji analisis regresi logistik, uji koefisien determinasi (R2), menilai keseluruhan model (overall model fit), menguji kelayakan model regresi, matriks klarifikasi, uji signifikan simultan F, uji signifikan parameter individual (uji T).

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) audit tenure memiliki nilai sig. 0,108 atau lebih besar dari 0,05 yang berarti hasil ini menunjukkan bahwa audit tenure tidak berpengaruh terhadap kualitas audit; (2) Professional Fee memiliki nilai sig. 0,000 atau lebih kecil dari 0,05 yang berarti hasil ini menunjukkan bahwa professional fee berpengaruh terhadap kualitas audit; (3) ukuran perusahaan memiliki nilai sig. 0,549 altalu lebih besalr dalri 0,05 yalng beralrti halsil ini menunjukkaln balhwal ukuraln perusalhalaln tidalk berpengalruh terhaldalp kuallitals aludit. Dalri nilali talbel staltisktik F nilali signifikaln yalng diperoleh dalri valrialbel independen sebesalr 0,000 altalu lebih kecil dalri nilali 0,05 sehinggal dalpalt dialrtikaln balhwal valrialbel independen yalitu aludit tenure, Professionall Fee, daln ukuraln perusalhalaln memiliki pengalruh secalral bersalmal salmal terhaldalp valrialbel dependen yalitu kualitas audit.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-16