Pengaruh Profitability, Transfer Pricing, Inventory Intensity, Dan Capital Intensity Terhadap Agresivitas Pajak Pada Perusahaan Pertambangan Sub Sektor Coal Production, Gold, Diversified Metals Dan Mineral Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021

Authors

  • Sintiya Maharani Universitas Buddhi Dharma
  • Rina Sulistiyowati Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Profitability, Transfer Pricing, Inventory Intensity, Capital Intensity, Agresivitas Pajak

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh Profitability (ROA), Transfer Pricing (RPT), Inventory Intensity (INV), Capital Intensity (CIR) Terhadap Agresivitas Pajak (ETR). Variabel independen yang digunakan adalah Profitability (ROA), Transfer Pricing (RPT), Inventory Intensity (INV), Capital Intensity (CIR). Variabel dependen yang digunakan adalah Agresivitas Pajak (ETR).

Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling, total sampel yang didapatkan 35 sampel. Data yang dipakai menggunakan data sekunder, yaitu laporan keuangan perusahaan pertambangan sub sektor coal production, gold, diversified mental, dan mineral yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda menggunakan program SPSS Versi 25.

Berdasarkan temuan penelitian ini, terlihat bahwa Transfer Pricing berpengaruh terhadap Agresivitas Pajak. Sementara itu, Profitability, Inventory Intensity, Capital Intensity tidak berpengaruh terhadap Agresivitas Pajak. Dan  Profitability, Transfer Pricing, Inventory Intensity, dan Capital Intensity secara simultan berpengaruh terhadap Agresivitas pajak.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-04-18