Pengaruh Ukuran Perusahaan, Solvabilitas, Profitabilitas, dan Opini Auditor Terhadap Audit delay (Studi Kasus Pada Perusahaan IDX 30 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016 – 2021)

Authors

  • Niken Loanda Universitas Buddhi Dharma
  • Rina Sulistiyowati Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Audit Delay, Ukuran Perusahaan, Solvabilitas, Profitabilitas, Opini Audit

Abstract

Tujuan dari riset ini merupakan buat mengakulasi informasi dari 30 industri BEI yang tertera di pasar saham Indonesia antara tahun 2016 serta 2021 tentang hubungan antara audit delay dengan ukuran perusahaan, solvabilitas, profitabilitas, dan opini auditor.

Data sekunder dari laporan tahunan Bursa Efek Indonesia antara 2016 sampai 2021 digunakan untuk analisis ini. Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam indeks IDX 30s antara tahun 2016 dan 2021 merupakan populasi. Lima belas bisnis dipilih sebagai sampel karena memenuhi persyaratan untuk pendekatan purposive sampling. Data dianalisis menggunakan metode yang disebut regresi linier berganda.

Penulis menarik hasil penelitian mereka yaitu : (1) ukuran perusahaan tidak berpengaruh pada lamanya durasi yang diperlukan buat menuntaskan audit;( 2) solvabilitas industri berakibat padaaudit delay ; (3) profitabilitas perusahaan berpengaruh terhadap audit delay ; dan (4) opini auditor berdampak pada audit delay

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-04-10