Pengaruh Ukuran Perusahaan, Return On Asset (ROA) dan Audit Tenure tehadap Kualitas Audit pada perusahaan Indeks LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022

Authors

  • Mela Cannilia Universitas Buddhi Dharma
  • Selfiyan Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Kualitas Audit, Ukuran Perusahaan, Return On Aset, Audit Tenure

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Ukuran Perusahaan, Return On Asset (ROA) dan Audit Tenure terhadap Kualitas Audit pada Perusahaan Indeks LQ 45 Yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2018 – 2022.

Data yang digunakan dalam penelitian merupakan data sekunder dari situs web resmi www.idx.co.id/id. dengan total populasi  berjumlah 95 data yang terdiri dari 19 perusahaan, data ini terdiri dari laporan keuangan tahunan yang diaudit dan dipublikasikan oleh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari tahun 2018 hingga 2022.

Penelitian ini dilakukan dengan analisis kuantitatif dan diolah dengan menggukan SPSS, berdasarkan analisis yang dilakukan penulis dapat menyimpulklan bahwa : variabel Ukuran Perusahaan dan Return on Asset (ROA) berpengaruh terhadap Kualitas Audit, sedangkan variabel Audit Tenure tidak berpengaruh terhadap Kualitas Audit.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-04-29