Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan SPBU Pertamina Otto Iskandardinata Karawaci

Authors

  • Kevin Hartanto Gohzali Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Tingkat Pelayanan, Loyalitas Pelanggan, Kesetiaan Merek, Advertensi, LetakGeografis

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, lokasi, dan promosi terhadap loyalitas pelanggan di SPBU Otto Iskandadinata Karawaci. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik analisa kuantitatif. Total sampel yang digunakan dalam studi yang sebesar 100 pelanggan. contoh metode dalam studi ini menggunakan simple random sampling. Skala yang digunakan untuk mengukur variabel adalah skala Likert.  Maka, variabel promosi terhadap loyalitas pelanggan yaitu t hitung -0.140 < t tabel 1.984 dengan nilai signifikan 0,889 > 0.05. maka dapat dinyatakan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan secara parsial antara promosi terhadap loyalitas pelanggan, lalu variabel kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan yaitu t hitung 4.892 > t tabel 1.984 dengan nilai signifikan 0,000 < 0.05 maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan, kemudian variabel lokasi terhadap loyalitas pelanggan yaitu ) t hitung 3.916 > t tabel 1.984 dengan nilai signifikan 0,000 < 0.05 maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan yaitu secara parsial antara lokasi pada loyalitas pelanggan.

Dari uji F didapat Fhitung untuk promosi dan variasi produk dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 atau Fhitung > Ftabel 50.775 > 2.69, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan antara promosi, kualitas pelayanan dan lokasi terhadap loyalitas pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-12-08