Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan SPBU Pertamina Otto Iskandardinata Karawaci

Authors

  • Kevin Hartanto Gohzali Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Lokasi, Promosi, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini merupakan untuk mengetahui lebih mendalam pengaruh kualitas pelayanan, lokasi, dan promosi terhadap loyalitas pelanggan di SPBU Otto Iskandadinata Karawaci. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik analisa kuantitatif. Total sampel yang digunakan dalam studi yang sebesar 100 pelanggan. contoh metode dalam studi ini menggunakan simple random sampling. perbandingan yang dipakai dalam mendeskripsikan variabel adalah dengan skala Likert.  Maka, variabel promosi terhadap loyalitas pelanggan yaitu thitung -0.140 < ttabel 1.984 dengan signifikansi 0,889 > 0.05. sehingga dapat disimpulkan tidak ada pengaruh yang signifikan dengan cara parsial antara promosi terhadap loyalitas pelanggan, kemudian pada variabel kualitas pelayanan pada loyalitas pelanggan yaitu thitung 4.892 > ttabel 1.984 dengan signifikansi 0,000 < 0.05 sehingga dapat disimpulakn adanya pengaruh yang signifikan dengan cara parsial antara kualitas pelayanan pada loyalitas pelanggan, kemudian variabel lokasi pada loyalitas pelanggan yaitu ) thitung 3.916 > ttabel 1.984 dengan signifikansi 0,000 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan yaitu dengan cara parsial antara lokasi pada loyalitas pelanggan.

Dari uji F didapat Fhitung untuk promosi dan variasi produk dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 atau Fhitung > Ftabel 50.775 > 2.69, sehingga dapat disimpulkan adanya pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan, promosi dan lokasi terhadap loyalitas pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-06-28