Pengaruh Likuiditas, Leverage, Aktivitas Dan Komite Audit Terhadap Financial Distress (Studi Kasus Pada Perusahaan Real Estate Dan Property Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode 2017-2020)

Authors

  • Angga Anggriawan Universitas Buddhi Dharma
  • Irwan Irwan Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Likuiditas, Leverage, Aktivitas, Komite Audit, Financial Distress

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh likuiditas, leverage, aktivitas dan komite audit terhadap financial distress pada perusahaan real estate dan property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2020.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah untuk semua perusahaan real estate dan property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 2017-2020. Berdasarkan kriteria tertentu, terdapat 28 dari 62 perusahaan real estate dan property yang cocok dengan sampel. Teknik analisis data meliputi statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji statistik dan uji hipotesis dengan bantuan software SPSS versi 25.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial likuditas, leverage dan aktivitas berpengaruh signifikan terhadap financial distress. Sedangkan komite audit tidak berpengaruh terhadap financial distress dan secara simultan likuiditas, leverage, aktivitas dan komite audit berpengaruh signifikan terhadap financial distress pada perusahaan real estate dan property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2020.

Published

2022-06-28