Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Retail Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015 - 2018
Keywords:
Kepemilikan Manajerial, Leverage, Ukuran Perusahaan, Manajemen Laba, Teori KeagenanAbstract
Investigasi pengaruh kepemilikan manajerial, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba akan dilakukan secara parsial dan bersamaan dalam penelitian ini. Manajemen laba telah dipelajari di masa lalu, tetapi hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa masih banyak kebingungan tentang praktik itu sendiri. Sebuah perusahaan ritel Indonesia yang terdaftar di BEI antara 2015 dan 2020 digunakan sebagai contoh. Dengan menggunakan purposive sampling, penelitian ini mengambil sampel sebanyak 26 perusahaan. Uji statistik deskriptif (DST), uji asumsi klasik seperti Uji Hipotesis dan Uji Koefisien Determinasi (CDT) digunakan untuk melakukan penelitian ini dengan menggunakan SPSS versi 25. Kepemilikan manajemen dan manajemen laba memiliki hubungan, seperti halnya manajemen laba dan leverage, tetapi ini studi tidak menemukan hubungan antara manajemen laba dan ukuran bisnis. Hasil uji F menunjukkan bahwa kepemilikan manajemen, leverage, dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan secara statistik terhadap pengendalian laba.