Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Kredibilitas Endorser Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Konsumen Brand X.Eight Pada Mahasiswa Universitas Buddhi Dharma Program Studi Manajemen)

Authors

  • Jayus Efendi Universitas Buddhi Dharma
  • Agus Kusnawan Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Daya Tarik Iklan, Kredibilitas Endorser, Minat Beli Konsumen

Abstract

Minat beli konsumen berperan penting dalam perusahaan sehingga tercipta seorang konsumen yang terpuaskan dalam bertransaksi hingga melakukan pembelian ulang.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besar pengaruh daya Tarik ikaln dan kredibilitas endorser terhadap minat beli konsumen dalam Pembelian Brand X.Eight. Variabel independen dalam penelitian ini adalah daya Tarik iklan  dan kredibilitas endorser, sedangkan variabel dependennya adalah minat beli konsumen.

Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan skala likert melalui kuesioner sebanyak 30 pernyataan. Hasil dari jawaban kuesioner kemudian diolah dalam aplikasi SPSS versi 26.

Hasil dari analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan Y=-4.480+0,411X1+0,468X2 artinya apabila terdapat peningkatan atau penurunan sebesar 1 poin, maka kepuasan pelanggan akan mengalami peningkatan atau penurunan sebesar 0,411 dan 0,468.

Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh pengaruh antara variabel

X1 dengan Y secara parsial membandingkan thitung5,455>ttabel 1,66055 dengan tingkat signifikan 0,000<0,05, variabel X2 dengan Y secara parsial membandingkan thitung 6,726>ttabel1,66055 dengan tingkat signifikan 0,000<0,05. Sedangkan pengaruh antara variabel X1 dan X2 dengan Y memberikan hasil perbandingan Fhitung 102,275>Ftabel3,09 dan tingkat signifikan 0,000<0,05. Hasil ini berarti terdapat pengaruh daya tarik iklan dan kredibilitas endorser berpengaruh terhadap minat beli konsumen.

Published

2022-06-28

Most read articles by the same author(s)