Pengaruh Suasana Toko, Kesadaran Merek Dan Pembayaran Digital Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada PT. Cara Loe Buat Kopi “Kopi Clbk”)

Authors

  • Selly Selly Universitas Buddhi Dharma
  • Sutrisna Sutrisna Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Suasana Toko, Kesadaran Merek, Pembayaran Digital, Keputusan Pembelian

Abstract

Riset ini mempunyai tujuan dalam menelusuri pengaruh suasana toko, kesadaran merek dan pembayaran digital kepada keputusan pembelian baik dengan simultan atau parsial.

Jenis riset yang dipergunakan pada riset ini ialah riset kuantitatif. populasi yang dipergunakan untuk riset ini merupakan seluruh karyawan pada PT. Cara Loe Buat Kopi “KOPI CLBKâ€. Sampel yang dipergunakan oleh penulis pada riset ini dengan jumlah 100 narasumber. Metode penarikan data yang dipergunakan pada riset ini merupakan data primer. Data primer yang diambil ialah hasil kuesioner.

Hasil analisa regresi linear berganda didapatkan hasil persamaan Y = -3,284 + 0,358X1 + 0,436X2 + 0,243X3. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa nilai thitung suasana toko sebesar 3,967 dimana lebih tinggi dari t tabel (3,967 > 1,985). Nilai thitung kesadaran merek sejumlah 4,269 yang mana melebihi dari t tabel (4,269 > 1,985). Nilai thitung pembayaran digital sejumlah 2,885 yang mana lebih tinggi dari t tabel (2,885 > 1,985). Hasil penelitian secara simultan menunjukkan nilai Fhitung sebesar 71,180 dimana lebih tinggi dari F tabel (71,180 > 2,699). Hasil angka koefisien korelasi pada kolom R sejumlah 0,831, serta angka koefisien determinasi dalam kolom R Square sejumlah 0,690.

Kesimpulan dari riset ini ialah suasana toko, kesadaran merek dan pembayaran digital mempengaruhi signifikan kepada keputusan pembelian baik secara simultan atau parsial dengan tingkat hubungan yang sangat kuat. Keputusan pembelian dipengaruhi sebesar 69% oleh suasana toko, kesadaran merek dan pembayaran digital.

Published

2022-06-28