Pengaruh Merek Produk, Kualitas Produk, Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Helm Merek Kyt (Studi Kasus Pada Konsumen Helm Kyt Di Kota Tangerang)

Authors

  • Supriyanto Supriyanto Universitas Buddhi Dharma
  • Suhendar Janamarta Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Merek Produk, Kualitas Produk, Harga Produk, Keputusan Konsumen

Abstract

Keputusan konsumen berperan penting dalam perusahaan sehingga tercipta seorang konsumen yang terpuaskan dalam bertransaksi hingga melakukan pembelian ulang.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besar pengaruh merek produk, kualitas produk dan harga produk terhadap keputusan konsumen dalam Pembelian Helm Merek KYT. Variabel independen dalam penelitian ini adalah merek produk, kualitas produk dan harga produk, sedangkan variabel dependennya adalah keputusan konsumen.

Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan skala likert melalui kuesioner sebanyak 40 pernyataan. Hasil dari jawaban kuesioner kemudian diolah dalam aplikasi SPSS versi 26.

Hasil dari analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan Y=-4.590+0,154X1+0,389X2+0,547X3 artinya apabila terdapat peningkatan atau penurunan sebesar 1 poin, maka kepuasan pelanggan akan mengalami peningkatan atau penurunan sebesar 0,154, 0,389 dan 0,547.

Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh pengaruh antara variabel

X1 dengan Y secara parsial membandingkan thitung 96,370>ttabel1,66088 dengan tingkat signifikan 0,000<0,05, variabel X2 dengan Y secara parsial membandingkan thitung 124,390>ttabel1,66088 dengan tingkat signifikan 0,000<0,05 dan variabel X3 dengan Y secara parsial membandingkan thitung 160,145>ttabel1,66088 dengan tingkat signifikan 0,000<0,05. Sedangkan pengaruh antara variabel X1, X2 dan X3 dengan Y memberikan hasil perbandingan Fhitung 73,137>Ftabel3,09 dan tingkat signifikan 0,000<0,05. Hasil ini berarti terdapat pengaruh antara merek produk, kualitas produk dan harga produk terhadap keputusan konsumen.

Published

2022-06-28