Pengaruh Return on Asset, Return on Equity dan Earning per Share Terhadap Harga Saham pada Industri Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021

Authors

  • David Chandra Universitas Buddhi Dharma
  • Salikim Salikim Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Return On Asset, Return on Equity, Earning per Share, Harga Saham

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Return on Asset, Return on Equity, dan Earning per Share terhadap Harga Saham pada Industri Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017- 2021.

Metode penelitian yang digunakan pada penelitian kali ini adalah metode kuantitatif. Pada penelitian kali ini menggunakan data sekunder untuk mengamati laporan keuangan tahunan beberapa perusahaan, dengan sektor Industri Manufaktur sebagai sempelnya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling, dan untuk teknik analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis.

Pada penelitian kali ini menunjukan hasil bahwa Return on Asset (ROA) dengan nilai signifikasi 0.108>0.05, Return on Equity (ROE) sebesar 0.054>0.05 dan Earning per Share (EPS) dengan nilai signifikasi 0.046<0.05 hasil tersebut menunjukan hasil berupa variabel Return on Asset dan Return on Equity tidak memiliki nilai yang signifikan terhadap Harga Saham, sedangkan variabel Earning per Share berpengaruh sigifikan terhadap Harga Saham pada Industri Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-04-10