Pengaruh Umur Perusahaan, Good Corporate Governance, Sales Growth, dan Leverage terhadap Tax Avoidance dengan Kinerja Keuangan sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada Perusahaan Subsektor Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018 – 2022)

Authors

  • Widya Fujiyanto Universitas Buddhi Dharma
  • Limajatini Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Umur Perusahaan, Good Corporate Governance, Sales Growth, Leverage, Kinerja Keuangan

Abstract

Tax Avoidance adalah tindakan yang menunjukan bukti perbedaan kepentingan antara pemerintah dan wajib pajak. Tindakan ini untuk menghindari agar pajak dapat diminimalkan. . Penelitian ini bertujuan menguji dampak Umur Perusahaan, Good Corporate Governance, Sales Growth, dan Leverage terhadap Tax Avoidance dengan Kinerja Keuangan sebagai variabel Intervening.

Penelitian dilakuakan pada perusahaan subsektor food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018 hingga 2022. Metode penelitian kuantitatif dengan purposive sampling digunakan sebagai metode pengambilan sampel pada populasi sebanyak 84 perusahaan. Sehingga terpilih 21 perusahaan sampel. Sumber data penelitian adalah data sekunder yang diunduh dari www.idx.co.id. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur  dan diolah  menggunakan Eviews 12.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Umur Perusahaan, Good Corporate Governance, Sales Growth, Leverage tidak berpengaruh dan Kinerja Keuangan berpengaruh negatif terhadap Tax Avoidance. Umur Perusahaan dan Sales Growth berpengaruh positif, Good Corporate Governance tidak berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan dan Leverage berpengaruh negatif terhadap Kinerja Keuangan. Hasil uji mediasi menunjukan Umur perusahaan, Good Corporate Governance dan Leverage tidak berpengaruh terhadap Tax Avoidance melalui Kinerja Keuangan sedangkan Sales Growth berpengaruh negatif terhadap Tax Avoidance melalui Kinerja Keuangan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-04-29