PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA MELALUI MEDIASI KEMAMPUAN PEMASARAN DAN MEDIA SOSIAL

Penulis

  • Jessy Indrawati Universitas Tarumanagara
  • Louis Utama Universitas Tarumanagara

DOI:

https://doi.org/10.31253/pe.v21i3.1911

Kata Kunci:

Entrepreneurial Orientation, Social Media, entreprenuer

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Orientasi Kewirausahaan memiliki pengaruh terhadap Kinerja

Usaha pada masa pandemic covid-19. Penelitian ini juga menggunakan mediasi Kemampuan Pemasaran dan moderasi Sosial  Media.  Populasi dalam  penelitian adalah  Pemilik UMKM  bidang  makanan  ataupun  minuman.  Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik non-probability sampling dengan menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 145 responden pemilik UMKM makanan ataupun minuman di Tanjung Duren, Jakarta Barat. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara menggunakan kuesioner skala ordinal dengan alat ukur skala Likert. Penelitian ini menggunakan SmartPLS 3.0. untuk mengolah data. Hasil penelitian ini membuktikan, Orientasi Kewirausahaan memilki pengaruh terhadap Kinerja UMKM bidang makanan ataupun minuman di Tanjung Duren. Kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap penggunaan Media Sosial pada pemilik UMKM makanan ataupun minuman di Tanjung Duren, Kemampuan Pemasaran tidak berpengaruh terhadap Kinerja UMKM makanan ataupun minuman di Tanjung Duren, Penggunaan Media Sosial tidak memiliki pengaruh terhadap Kemampuan Pemasaran UMKM makanan ataupun minuman di Tanjung Duren, Media Sosial dapat memoderasi antara Orientasi Kewirausahaan dan Kemampuan Pemasaran terhadap UMKM makanan ataupun minuman di Tanjung Duren, Penggunaan Media Sosial tidak berpengaruh terhadap Kinerja UMKM makanan ataupun minuman di Tanjung Duren, Kemampuan Pemasaran dapat memediasi hubungan antara Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja UMKM makanan ataupun minuman di Tanjung Duren, Jakarta Barat pada masa pandemic covid-19.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-05

Cara Mengutip

Indrawati, J., & Utama, L. (2023). PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA MELALUI MEDIASI KEMAMPUAN PEMASARAN DAN MEDIA SOSIAL. Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis, 21(3), 97–105. https://doi.org/10.31253/pe.v21i3.1911