Peran Brand Satisfaction dalam Memediasi Brand Experience dan Brand Trust terhadap Purchase Intention Produk “CC”

Penulis

  • Tommy Setiawan Ruslim a:1:{s:5:"en_US";s:24:"Universitas Tarumanagara";}

DOI:

https://doi.org/10.31253/pe.v22i2.2798

Kata Kunci:

Brand Experience, Brand Trust, Brand Satisfaction, Purchase Intention

Abstrak

Kesehatan merupakan suatu hal esensial yang menjadi kunci penting bagi setiap manusia untuk dapat menjalani aktivitas setiap hari. Dengan memiliki kesehatan dan kebugaran fisik, tubuh memiliki kekuatan yang baik dalam mencegah berbagai macam penyakit. Menjaga kesehatan perlu dimulai dari diri sendiri dengan menerapkan kebiasaan yang baik bagi tubuh yaitu dengan menjalani pola hidup sehat. Namun begitu, pola hidup sehat masih sering dipandang sebelah mata bagi sebagian orang. Gaya hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan penyakit diabetes, yakni penumpukan gula berlebih pada aliran darah yang terjadi di dalam tubuh. Meningkatnya angka penderita diabetes secara signifikan terjadi akibat pola hidup yang tidak sehat, salah satunya dengan mengonsumsi minuman berkadar gula tinggi seperti minuman ringan atau soft drink. Merek soft drink “CC” merupakan merek minuman kemasan terpopuler di kalangan masyarakat yang turut menjadi faktor penyebab diabetes. CC terus memperoleh permintaan yang besar dari konsumen dimana hal ini sejalan dengan besarnya niat pembelian konsumen atau purchase intention. Purchase intention yang merupakan kesediaan pelanggan untuk melakukan pembelian produk tertentu dapat dipengaruhi oleh brand satisfaction, yang berarti bahwa kepuasan merek dapat mendorong pelanggan untuk membeli produk. Brand experience dan brand trust juga dapat memengaruhi brand satisfaction, dimana konsumen akan semakin merasa puas terhadap sebuah merek apabila semakin besar dipengaruhi oleh pengalaman yang positif dan kepercayaan pelanggan mampu memunculkan ekspektasi positif terhadap brand. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi purchase intention minuman bersoda “CC” dengan menguji variabel brand experience dan brand trust terhadap variabel purchase intention yang dimediasi oleh brand satisfaction.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-05-14

Cara Mengutip

Ruslim, T. S. (2024). Peran Brand Satisfaction dalam Memediasi Brand Experience dan Brand Trust terhadap Purchase Intention Produk “CC”. Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis, 22(2), 145–157. https://doi.org/10.31253/pe.v22i2.2798