Peningkatan Konten Media Sosial Melalui Pelatihan Desain Poster dengan Canva bagi Anak Asuh Vihara Nimmala

Main Article Content

Authors

    Hartana Wijaya( 1 ) Yo Ceng Giap( 2 ) Raditya Rimbawan Oprasto( 3 ) Ellysha Dwiyanthi Kusuma( 4 ) Lianny Wydiastuty Kusuma( 5 )

    (1) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (2) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (3) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (4) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia
    (5) Universitas Buddhi Dharma | Indonesia

Abstract

Dalam era digital saat ini, media sosial (medsos) telah menjadi sarana penting untuk berkomunikasi dan memperluas jangkauan suatu organisasi atau komunitas. Namun, kekurangan pengetahuan dan keterampilan desain grafis sering kali menjadi hambatan dalam menghasilkan konten medsos yang menarik dan efektif. Metode pelatihan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan platform Canva, sebuah alat desain grafis online yang intuitif dan mudah digunakan. Sebanyak 30 anak asuh Vihara Nimmala berpartisipasi dalam pelatihan ini. Pelatihan mencakup dasar-dasar desain grafis, penggunaan alat-alat Canva, dan prinsip-prinsip desain yang efektif dalam konteks media sosial. Hasil kuesioner yang disampaikan ke peserta menunjukkan bahwa pelatihan desain poster dengan Canva ini merasa sangat puas terhadap penyampaian materi, pelaksanaan, kebermanfaatan dan keberlanjutan kegiatan ini kepada para anak asuh agar dapat menghasilkan konten medsos yang menarik dan profesional. Para peserta pelatihan mampu mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh untuk membuat poster-promosi kegiatan Vihara Nimmala yang menarik perhatian dan meningkatkan partisipasi. Selain itu, pelatihan ini juga memberikan manfaat tambahan seperti peningkatan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi, meningkatkan rasa percaya diri, serta memperluas wawasan anak asuh tentang potensi dan penggunaan medsos secara positif. Hasil penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan anak asuh dalam memanfaatkan media sosial sebagai alat untuk menyebarkan pesan dan memperluas jangkauan Vihara Nimmala. Pelatihan desain poster dengan Canva dapat menjadi pendekatan yang efektif dalam meningkatkan konten medsos yang menarik, informatif, dan berdampak positif bagi komunitas Vihara Nimmala serta masyarakat luas.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wijaya, H. ., Giap, Y. C. ., Oprasto, R. R. ., Kusuma, E. D. ., & Kusuma, L. W. . (2023). Peningkatan Konten Media Sosial Melalui Pelatihan Desain Poster dengan Canva bagi Anak Asuh Vihara Nimmala. Abdi Dharma, 3(2), 189–198. https://doi.org/10.31253/ad.v3i2.2245
Section
Articles

Abstract views: 53 / PDF downloads: 38